Anies Minta IKEA Utamakan Warga Jakarta Jadi Pekerja

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Sabtu, 10/03/2018 01:46 WIB
Anies Minta IKEA Utamakan Warga Jakarta Jadi Pekerja Anies Baswedan berharap IKEA mengutamakan warga Jakarta dalam merekrut karyawan. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap perusahaan ritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA, bersedia mengutamakan warga Jakarta dalam merekrut karyawan. Hal itu menyusul rencana pembangunan gedung IKEA di Cakung, Jakarta Timur.

"Pastikan bahwa tenaga kerjanya adalah tenaga kerja dari Indonesia dan utamakan warga Jakarta," kata Anies.

Anies menyampaikan keinginannya itu usai menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Swedia Johanna Brismar Skoog dan Direktur IKEA Indonesia Patrick Lindvall di Balai Kota, Jumat (9/3). Pertemuan itu membahas niatan investasi beberapa perusahaan Swedia di Jakarta.



Anies mengatakan selama proses konstruksi IKEA di Cakung, dibutuhkan lebih dari 1.400 tenaga kerja. Saat operasional, dibutuhkan 400 karyawan.

"Saya diskusikan dengan mereka, apabila tenaga kerja yang terlibat kerja dari sekitar lokasi atau dari Jakarta, maka apapun kegiatan usahanya menjadi bagian dari masyarakat," kata Anies.

Menurut Anies, Indonesia perlu belajar dari Swedia sebagai negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) per kapita tertinggi ketujuh di dunia, serta berhasil menjaga tingkat ketimpangan terkecil ketiga di antara negara-negara maju.


Anies juga membicarakan tentang dukungan pengelolaan sampah, serta penegasan kembali rencana negara-negara Nordik untuk mengirim pakar perkotaan ke Jakarta untuk bertukar ilmu dan pengalaman.

Negara-negara Nordik itu terdiri dari Swedia, Denmark, Finlandia, dan Norwegia.

"Empat negara ini akan mengunjungi Jakarta tanggal 26 April. Dalam pertemuan itu, kita akan bahas aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk Jakarta," katanya. (pmg/pmg)