Seskab Pastikan Pengganti Maria Farida Dipilih Pansel

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 04:36 WIB
Seskab Pastikan Pengganti Maria Farida Dipilih Pansel Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Sumedang, beberapa waktu lalu. (Foto: CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo akan kembali membentuk panitia seleksi (pansel) untuk mencari pengganti Hakim Mahkamah Konstitusi Maria Farida.

"Pasti mekanisme biasa dilakukan. Harus tertib. Sehingga, siapapun yang ditunjuk melewati Pansel," ujar dia, di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (13/3).

Maria menjabat Hakim Konstitusi usulan Presiden sejak 2008. Masa jabatannya bakal berakhir Agustus 2018.

Presiden memiliki kewenangan memilih tiga dari sembilan hakim konstitusi. Penunjukan pada dasarnya bisa dilakukan langsung. Namun, hal itu tidak dilakukan Jokowi.

Presiden beberapa waktu lalu membentuk pansel sebelum memilih Saldi Isra sebagai pengganti Patrialis Akbar yang terseret kasus suap penyelesaian perkara di MK.

Kendati demikian, Pramono belum dapat memastikan komposisi pansel. Mantan Wakil Ketua DPR ini juga belum bisa memastikan peluang terpilihnya pengganti Maria dari kalangan perempuan.

"Belum tahu. Panselnya saja belum dibentuk," ucap dia.

Pada Selasa (13/3), Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat menghadap Presiden Jokowi melaporkan masa jabatan Maria Farida segera berakhir.

Arief berharap Presiden dapat memutuskan pengganti Maria tepat waktu sebab MK akan memiliki banyak tugas yakni memutuskan perkara Pilkada 2018 dalam waktu dekat.


(arh)