Utut Diberi Tugas 'Amankan' Program Jokowi di Parlemen

RZR, CNN Indonesia | Rabu, 21/03/2018 07:09 WIB
Utut Diberi Tugas 'Amankan' Program Jokowi di Parlemen Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDIP Utut Adianto Wahyuwidayat, di gedung DPR, Jakarta, belum lama ini. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PDIP Puan Maharani menyebut Wakil Ketua DPR Utut Adianto, bertugas untuk melakukan sinergi antarfraksi di DPR. Tujuannya, mendapatkan dukungan parlemen terhadap program pemerintahan Jokowi-JK.

"Sebagai representasi PDIP, ia harus bisa mensinergikan semua fraksi dan partai yang ada untuk bisa bersama melaksanakan amanah dan program pemerintah," kata Puan kemarin.

Selain itu, Puan berharap masuknya Utut di jajaran pimpinan dewan membuat PDIP menjadi kekuatan baru di parlemen. Tujuannya sama, yakni agar PDIP mampu mengefektifkan program kerja yang dijalankan pemerintahan Jokowi di DPR.


"Penguatan dari PDIP, saya harapkan bisa jadi kekuatan baru. Semua ini agar program pemerintah dapat berjalan bersama DPR demi kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Untuk DPR secara keseluruhan, Puan berharap pelantikan Utut bisa berpengaruh pada peningkatan kinerja para anggota dan pimpinan DPR dalam melayani masyarakat.

"Saya harapkan kinerja DPR dengan penambahan Pimpinan menjadi lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Sebelumnya, sidang paripurna DPR resmi menetapkan politisi PDIP Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR. Pelantikan Utut merupkan tindak lanjut dari hasil revisi UU MD3 yang mengamanatkan penambahan pimpinan DPR bagi parpol pemenang pemilu.

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menyampaikan penetapan Utut dilakukan sesuai dengan perintah UU Nomor 2/2018 tengan MD3 dan surat pimpinan dari Fraksi PDIP. Dua hal itu sudah disepakati dalam rapat Bamus DPR.

"Menetapkan satu orang pimpinan DPR dari fraksi PDIP masa keanggotaan 2014-2019, yaitu Utut Adianto," ujar Fadli. (arh/arh)