Dewi Perssik Ajukan Diri Jadi Duta Keselamatan Berlalu Lintas

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 09:57 WIB
Polisi menyambut baik keinginan Dewi Perssik jadi duta keselamatan berlalu lintas mengingat Dewi adalah seorang artis. Polisi menyebut pedangdut Dewi Perssik mengajukan diri jadi duta keselamatan berlalu lintas. (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Dangdut Dewi Perssik disebut polisi mengajukan diri menjadi duta keselamatan berlalu lintas. Polisi menyambut baik dan akan segera mengukuhkannya sebagai duta.

Kepala Seksi STNK Subdirektorat Registrasi dan Identifikasi (Regident) Polda Metro Jaya Komisaris Bayu Pratama mengatakan inisiatif Dewi yang mengajukan diri sebagai duta itu pun disambut baik oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra. 

"Yang bersangkutan mengajukan diri sebagai duta keselamatan berlalu lintas dan Pak Dir (Halim Pagarra) menyambut baik hal tersebut, namun sampai saat ini DP belum dikukuhkan secara resmi," kata Bayu saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (3/4).

Bayu sendiri belum dapat memastikan kapan Dewi akan dikukuhkan secara resmi sebagai duta. Dia mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal kosong yang dimiliki Dewi dan Halim.


Menurut Bayu, tidak ada kriteria tertentu untuk seseorang dapat menjadi duta keselamatan berlalu lintas. Latar belakang Dewi sebagai publik figur menjadi salah satu alasan sambutan baik dari kepolisian. 

"Lalu lintas membutuhkan publik figur yang cukup dikenal masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan keselamatan agar lebih mudah diterima oleh masyarakat," ujarnya.

Bayu mengatakan, bukan hanya Dewi yang dapat menjadi duta keselamatan berlalu lintas melainkan semua masyarakat. Pengukuhan sebagai duta pun bukan menjadi hal wajib yang harus dilakukan. 

Meskipun pernah terlibat dalam kasus penerobosan jalur Transjakarta di wilayah Jakarta Selatan, Bayu memastikan hal tersebut tidak ada kaitannya dengan pengajuan Dewi sebagai duta. Bayu juga mengatakan jika dalam kasus tersebut, Dewi bukanlah pengemudi mobilnya.

Polisi sendiri sudah menghentikan penyelidikan terhadap kasus itu. Pihak Dewi dan petugas Transjakarta pun sudah menyelesaikan perkara tersebut dengan jalur damai. 

"Tidak ada kaitannya dengan kasus Transjakarta. Harapan Polri semua pengguna jalan bisa menjadi duta keselamatan baik untuk dirinya maupun bagi lingkungannya," kata Bayu. (sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK