Diloloskan Pemilu oleh PTUN, PKPI Langsung Gelar Rakernas

Aryo Putranto, CNN Indonesia | Rabu, 11/04/2018 12:29 WIB
Diloloskan Pemilu oleh PTUN, PKPI Langsung Gelar Rakernas Sekretaris Jendral PKPI Imam Anshori Saleh menyatakan akan segera menggelar rakernas setelah PTUN meloloskan partainya di Pemilu. (CNN Indonesia/Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan mengabulkan gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), setelah putusan Bawaslu menolak mereka menjadi peserta Pemilu 2019. Partai besutan Hendropriypono itu menyatakan bakal langsung menggelar rapat kerja nasional (rakernas) sore hari ini buat menyiapkan daftar para calon anggota legislatif.

"Tentu kita sambil menunggu SK dari KPU, kita melakukan konsolidasi. Sore ini kami melakukan rakernas di kantor PKPI," kata Sekretaris Jenderal PKPI, Imam Ansori Saleh, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/4).

Imam menyatakan tidak tergesa-gesa menyiapkan daftar caleg, karena mereka sudah melakukan proses itu sembari menunggu putusan gugatan.



"Insya allah kami sudah mulai menata, melanjutkan program," kata Imam.

Ketua Majelis Hakim PTUN, Nasrifal, menyatakan mengabulkan seluruh gugatan PKPI. Mereka juga memerintahkan KPU menerbitkan surat ketetapan baru supaya PKPI sah sebagai peserta pemilu 2019.

PKPI tak diloloskan Bawaslu karena persyaratan kepengurusan dan keanggotaan di empat provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Papua dianggap tidak memenuhi syarat. Imam menyatakan Bawaslu tidak teliti. (ayp)