Hendropriyono: Jokowi Paling Tepat Pimpin Negeri Ini

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Jumat, 13/04/2018 16:30 WIB
Hendropriyono: Jokowi Paling Tepat Pimpin Negeri Ini AM Hendropriyono sebut Jokowi paling tepat memimpin Indonesia dibanding calon-calon lain. (ANTARA FOTO/ Wibowo Armando)
Jakarta, CNN Indonesia --
Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Abdullah Mahmud Hendropriyono menegaskan partainya tetap akan mendukung Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang.

Hendro mengatakan hal itu tetap dilakukan PKPI sekalipun dirinya tidak menjabat sebagai ketua umum.

"Karena dia kita nilai sebagai orang yang tepat untuk memimpin negeri ini di antara yang lain-lainnya," ucap Hendro di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (13/4).

Hendro menegaskan bahwa keputusan PKPI mengusung Jokowi bukan atas keinginan dirinya pribadi. Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini mengklaim keputusan tersebut merupakan keinginan kader serta simpatisan PKPI di seluruh Indonesia.


Bagi PKPI, kata Hendro, tidak ada tokoh lain yang dapat menandingi kemampuan Jokowi dalam memimpin Indonesia. Atas pertimbangan tersebut PKPI tidak akan mengalihkan dukungan ke calon presiden yang lain.

"Kalau 2019 sudah jelas, kami kan sudah declare. Ini kan bukan suara saya, jadi suara dari seluruh kader PKPI Indonesia," kata Hendro.

Mundur dari posisi ketua umum PKPI, Hendro mengatakan bakal mendampingi Jokowi menjalankan tugasnya sebagai presiden. PKPI, kata Hendro, akan terus mengoreksi bilamana ada kebijakan pemerintah yang dinilai kurang tepat. Pula, mendukung kebijakan yang memang baik bagi masyarakat.

Hendro menjelaskan bahwa PKPI berprinsip mengharamkan posisi sebagai oposisi. PKPI akan selalu mendampingi pemerintahan yang sedang berkuasa. Tentu dalam rangka berpartisipasi memajukan bangsa.

"Itu tetap akan ke sana, yang menang atau kalah, begitu presiden terpilih oleh rakyat, PKPI tidak mungkin berlawanan," imbuhnya.

PKPI mendukung Jokowi pimpin Indonesia 2 periodeFoto: CNN Indonesia/Christie Stefanie
PKPI mendukung Jokowi pimpin Indonesia 2 periode
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan PKPI sebagai partai politik peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut 20 dalam rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jakarta, Jumat (13/4).

Usai penetapan nomor urut itu, Hendropriyono pun menyampaikan jika dirinya pamit dari dunia politik. Adapun suksesi kepemimpinannya di PKPI akan diserahkan sepenuhnya pada Konges Luar Biasa PKPI yang akan dihelat dalam waktu dekat.

(DAL)