Amien Rais Tunjuk Foto Jokowi: Elektabilitasnya 'Going Down'

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 24/04/2018 16:33 WIB
Amien Rais Tunjuk Foto Jokowi: Elektabilitasnya 'Going Down' Amien Rais menunjuk foto Jokowi saat acara tasyakuran di Balaikota DKI dan menyebut elektabilitasnya sudah going down. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut elektabilitas calon presiden petahana Joko Widodo sudah going down alias anjlok. Amien mengatakan demikian sambil menunjuk foto Jokowi.

Pernyataan tersebut disampaikan Amien dalam acara Tasyakuran Satu Tahun Ustadzah Peduli Negeri di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Selasa (24/4).

"Ini elektabilitasnya sudah going down," kata Amien sambil menunjuk foto Jokowi di hadapan para hadirin tasyakuran. Foto Jokowi sebagai presiden yang ditunjuk itu berada di sebelah kanan Amien yang tengah bicara di atas podium.


Baca Juga: Amien Rais Ramal Anies Baswedan Jadi Penyelamat Negeri

Amien melanjutkan, berdasarkan hasil survei yang ia peroleh, elektabilitas Jokowi saat ini berada di angka 50 persen. Ia menyebut dengan elektabilitas sebesar itu, maka kecil kemungkinan Jokowi akan kembali terpilih di periode kedua.

"Untuk menang kembali itu seperti mission imposible," ujar Amien.
Amien Rais Tunjuk Foto Jokowi: Elektabilitasnya sudah AnjlokAmien Rais menunjuk foto Jokowi saat acara tasyakuran di Balaikota DKI. Sembari menunjuk, Amien menyebut elektabilitas Jokowi sudah anjlok. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).

Kendati demikian, Amien tetap mengajak seluruh umat Islam dan partai Islam untuk tetap berjuang di Pilpres 2019 mendatang.

"Caranya mudah bin gampang," ucapnya.

Menurutnya jika umat Islam dan partai Islam hanya 'leyeh-leyeh' dan menunggu pertolongan Allah, maka kemenangan Jokowi bisa saja terjadi.

Amien juga menyampaikan umat Islam harus rajin untuk solat dan berdoa. Dia ingin umat Islam berdoa agar pada 2019 nanti Indonesia punya presiden baru.

"Allah bisa pakai bahasa apa saja, bisa, mudah-mudahan negeri kami, negeri muslim terbesar di muka bumi pada tahun 2019 mendapat presiden yang baru," tutur Amien.

Elektabilitas Jokowi selama beberapa bulan terakhir masih mendominasi. Paling anyar, Survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Presiden Joko Widodo mengalami kenaikan.

Responden yang memilih Jokowi apabila pilpres digelar saat ini mencapai 55,9 persen. Angka itu meningkat dibandingkan dengan enam bulan sebelumnya, elektabilitas Jokowi masih 46,3 persen.

Menempel di bawah Jokowi ada Prabowo Subianto. Potensi keterpilihan Ketua Umum Partai Gerindra itu tercatat 14,1 persen, turun dari hasil survei enam bulan sebelumnya yang merekam angka 18,2 persen. (osc)