Pedagang Blok G Tanah Abang Batal Direlokasi

DHF, CNN Indonesia | Kamis, 26/04/2018 17:58 WIB
Pedagang Blok G Tanah Abang Batal Direlokasi Para pedagang menolak usul pemindahan buat pemugaran Blok G, karena beralasan pengunjung sepi jika mereka ditempatkan di Blok F Pasar Tanah Abang. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta batal memindahkan pedagang di Pasar Tanah Abang dari Blok G ke Blok F. Penyebabnya adalah para pedagang Blok G banyak yang menolak dengan alasan sepi pengunjung.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan sudah mendengar keluhan dari para pedagang soal suasana di Blok F. Menurut dia, saking sepiya pembeli, para pedagang mengibaratkan kawasan itu seperti 'tempat jin buang anak'.

"Akhirnya dilakukan revisi dan keputusan berikutnya yang sangat dimungkinkan adalah lapangan parkir di Blok G. Itu akan dibangun tempat penampungan sementara yang bisa menampung antara lima ratus (pedagang)," ujar Sandi saat ditemui di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Kamis (26/4).



Sandi mengatakan keputusan ini baru dibuat dan belum dimasukkan ke dalam laporan yang dikirim ke Ombudsman, terkait evaluasi penataan kawasan Tanah Abang.

Sandi juga menyinggung soal pembangunan jembatan layang atau sky bridge di Blok G Tanah Abang. Katanya desain itu sudah dipaparkan dan menunggu persetujuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jika Anies menyetujui, kata Sandi, maka desain jembatan layang Blok G Tanah Abang akan diluncurkan sebelum Ramadan. Sandi menyebut fasilitas ini bakal selesai dibangung paling cepat akhir tahun ini.


"Ada (kontraktor) yang menyanggupi tiga bulan, tapi saya percaya mungkin secara realistis, karena dulu saya pengusaha juga, paling cepat empat bulan. Saya ingin sebelum akhir tahun ini sudah selesai," ujarnya.

Mulanya memang Pemprov DKI Jakarta berencana menata kembali kawasan Tanah Abang, dan memindahkan pedagang di Blok G. Rencananya gedung itu akan diruntuhkan untuk dibangun ulang dengan konsep kawasan singgah terpadu (transit oriented development/TOD).

Sekitar 800 pedagang Blok G hendak dipindahkan ke Blok F Tanah Abang. Sebanyak 651 pedagang akan diberi tempat ke lapangan parkir Blok F. Sementara sisanya dipindah ke pasar basah berada di Blok F bawah dan belakang Blok G. (ayp)