Api Lalap 25 Rumah di Bandung, Petugas Cari Korban Terjebak

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 03/05/2018 14:59 WIB
Api Lalap 25 Rumah di Bandung, Petugas Cari Korban Terjebak Ilustrasi kebakaran. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Bandung, CNN Indonesia -- Setidaknya sebanyak 25 rumah ludes terbakar karena kebakaran yang terjadi di kawasan Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Kamis (3/5).

"Data sementara 25 rumah terbakar yang dihuni 38 kepala keluarga," kata Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdi Ligaswara ditemui di lokasi kejadian, Kamis (3/5).


Berdasarkan informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.55 WIB. Api diduga berasal dari ledakan tabung gas 3 kg. Kemudian petugas datang memadamkan api yang berkobar.


"Jajaran kami saat ini dalam proses pendinginan. Berdasar laporan warga ada beberapa orang yang terjebak atau hilang dan sampai saat ini tim rescue sedang melakukan pencarian di beberapa titik menurut laporan keluarga," ujar Ferdi.

Petugas Pemadam Kebakaran memastikan upaya evakuasi sedang dilakukan di beberapa titik. Ferdi mengatakan kondisi geografis wilayah RW 06 di Kelurahan Malabar ini adalah kawasan permukiman padat dengan struktur bangunan berhimpitan hampir relatif tidak ada jarak sehingga membuat api merembet dengan cepat.

"Kami bagi jadi tiga tim, pertama melakukan secepat mungkin pemadaman, lalu tim kedua pemblokiran agar api terisolasi tidak merambat kepada struktur bangunan yang lain," ujarnya.

Selain itu Dinas Pemadam Kebakaran turut mengupayakan proses evakuasi terhadap korban jiwa, dokumen dan benda yang bisa terselamatkan.

(hyg/kid)