Polisi Amankan Tiga Bom Aktif dari Rusunawa Wonocolo

Feri Agus Setyawan, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 03:37 WIB
Polisi Amankan Tiga Bom Aktif dari Rusunawa Wonocolo Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangara, di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (14/5) dini hari. (CNN Indonesia/Fery Agus Setyawan)
Sidoarjo, CNN Indonesia --
Polda Jawa Timur mengamankan tiga bom aktif dan sejumlah bahan peledak dari kamar nomor 2 lantai 5 Blok B Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, yang dihuni oleh Anton Febriyanto (47). Bom ini merupakan jenis bom rakitan.

"Penggeledahan terakhir tiga yang masih aktif, kemudian bahan [peledak] yang cukup banyak di bawa ke Brimob [Polda Jatim]," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung di lokasi, Senin (14/5) dini hari.

Barung menyatakan ledakan bom rakitan di dalam kamar Anton masih diselidiki. Menurut dia, pihaknya menduga bom rakitan tersebut tak sengaja meledak hingga akhirnya menewaskan istri Anton, Puspitasari, dan seorang anaknya yang berusia 17 tahun.


"Akan dilakukan penyelidikan karena kalau meledak di rumah berarti ada unsur ketidaksengajaan dan itu meledak sendiri," tuturnya.

Untuk kepentingan penyelidikan, kata Barung seluruh warga yang tinggal di Blok B direlokasi sementara ke Blok C maupun Blok D. Barung menyebut jajaran Polda Jatim meminta maaf kepada warga penghuni Rusunawa maupun masyarakat sekitar atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat ledakan tersebut.

"Kami berjanji besok sudah bisa ditempati Blok B. Karena itu kami mohon maaf," tandas dia.

Sebelumnya, sejumlah ledakan terdengar dari Rusunawa Wonocolo. Tiga korban disebut tewas. Salah satunya Anton yang sempat dilumpuhkan petugas karena memegang alat picu bom.
(arh/arh)