Gereja Santa Maria Lokasi Bom Surabaya Mulai Direnovasi

Feri Agus, CNN Indonesia | Selasa, 15/05/2018 23:48 WIB
Gereja Santa Maria Lokasi Bom Surabaya Mulai Direnovasi Gereja Santa Maria Tak Bercela mulai diperbaiki pasca-ledakan bom bunuh diri pada Minggu (13/5) pagi. Sejumlah kaca di dinding gereja tersebut pecah akibat ledakan tersebut. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Surabaya, CNN Indonesia -- Pengurus Gereja Santa Maria Tak Bercela, Jalan Ngagel Madya, Surabaya, Jawa Timur mulai melakukan perbaikan sejumlah bagian pada rumah ibadah itu yang rusak akibat ledakan bom bunuh diri pada Minggu (13/5) pagi.

Pengamatan CNNIndonesia.com, sejumlah bagian yang mengalami kerusakan di antaranya, pintu gerbang, pos penjagaan, kaca di dinding serta bagian tembok yang dekat dengan pintu masuk, lokasi ledakan terjadi.

Salah satu petugas keamanan Gereja Santa Maria, Nanang mengatakan proses renovasi sudah dilakukan sejak kemarin pagi. Perbaikan gereja ini turut dibantu oleh Pemerintah Kota Surabaya.


"Renovasinya dimulai sejak Senin pagi kemarin, sekarang 'ngecet' benerin pagar. Ini semua dari Pemkot Surabaya," kata Nanang saat ditemui CNNIndonesia.com di lokasi, Selasa (15/5).

Nanang mengatakan kerusakan yang paling parah terjadi pada kaca yang ada pada dinding gereja dan pintu gerbang. Sementara pos penjagaan gereja, kata Nanang sengaja dirobohkan lantaran mengalami kerusakan cukup parah.

"Bagian rusak terutama kaca, sama gerbang, yang paling rata kaca," kata Nanang.

Dari pengamatan, beberapa orang terlihat tengah 'mengecet' tembok gereja dengan warna cokelat. Beberapa orang lainnya sedang membenarkan sejumlah jendela yang kacanya pecah. Ada pula yang sedang membersihkan halaman gereja.

Sama seperti Gereja Santa Maria, Gereja Kristen Indonesia (GKI), Jalan Diponegoro, juga tengah bebenah usai serangan bom bunuh diri. Terlihat tiga orang pekerja membersihkan halaman gereja yang menjadi lokasi bom bunuh diri tersebut.

Tak ada kerusuhan berarti pada GKI dari pengamatan CNNIndonesia.com.

Salah satu pengurus GKI, Yulius menyebut memang tak terdapat kerusakan yang besar akibat ledakan bom bunuh diri Minggu pagi itu. Namun, ledakan bom itu melukai petugas keamanan gereja yang sempat ingin menghalau terduga pelaku bom bunuh diri.

"Enggak ada, ya, cuma yang korban bunuh diri enggak sempat masuk ke dalam, keburu diuber satpam terus meledak, satpamnya yang terluka parah. Untuk gereja enggak ada kerusakan berarti," kata Yulius.

Gereja Santa Maria Lokasi Bom Surabaya Mulai DirenovasiGereja Pantekosta menjadi gereja paling parah terdampak ledakan bom bunuh diri. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Yulius menyebut garis polisi sudah dibuka sejak semalam oleh pihak kepolisian. Namun, papan putih masih terpasang di depan pintu gerbang gereja. Menurut Yulius pihaknya menunggu polisi membuka papan tersebut.

Selain melakukan pembersihan, jemaat pun sudah bisa mengambil sepeda maupun motor yang tertinggal usai ledakan bom bunuh diri. Masyarakat yang ingin mengambil kendaraan motor harus menunjukan STNK.

Berbeda dengan Gereja Santa Maria dan GKI yang mulai melakukan pembersihan, Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) sama sekali belum dibuka. Garis polisi atau police line masih terbentang di depan gerbang gereja yang ditutup papan putih.

Gereja yang terletak di Jalan Arjuno itu terlihat hancur berantakan di bagian depannya. Gereja Pantekosta ini yang mengalami kerusakan paling parah di antara dua gereja lainnya, lantaran bom yang meledak di rumah ibadah itu dibawa menggunakan mobil.

Kanopi yang menutupi halaman gereja luluh lantah, atapnya terbuka. Sementara itu, di halaman gereja berserakan sejumlah material sisa-sisa ledakan bom. Tembok dan tiang-tiang di gereja juga terlihat gosong.

Gedung di samping dan seberang gereja turut terdampak, beberapa kaca ikut pecah terkena ledakan bom bunuh diri.

Bom yang meledak di tiga gereja tersebut diduga dilakukan oleh satu keluarga, yang terdiri ayah, ibu dan empat orang anak. Mereka tewas seketika setelah ledakan bom tersebut. (wis/wis)