Menteri Siti Temukan Sampah oleh Pemudik di Tol

Anugerah Perkasa & Mesha Mediani, CNN Indonesia | Rabu, 13/06/2018 17:43 WIB
Menteri Siti Temukan Sampah oleh Pemudik di Tol Ilustrasi Sampah Tol. (Foto: CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya masih menemukan perilaku buruk pemudik. Dari hasil inspeksi mendadak yang dilakukannya pada kegiatan mudik 2018 dia menemukan bahwa banyak pemudik yang masih buang sampah sembarangan.

Temuan sampah pemudik tersebut dia dapati di Tol Jakarta- Cikampek, tepatnya di KM 8 sampai KM 39. Di titik tersebut pemudik banyak buang sampah bekas makanan dan minuman.

"Titiknya merata, di tepi jalan sampahnya merata, untuk tempat peristirahatan namun demikian penanganannya sudah bagus," katanya, Rabu (13/6).



Siti berharap pemudik ke depan bisa memperbaiki sikap mereka dalam membuang sampah. Dia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk membantu penanganan sampah saat musim mudik Lebaran.

Selain itu, Siti juga meminta kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN untuk menambah parameter kesuksesan dan kelancaran mudik dengan menambahkan kebijakan pengendalian sampah di dalamnya.

"Ukurannya bisa dihitung volume sampah, dibersihkannya bagaimana, dibuangnya kapan, bagaimana itu dikontrol dan sebagainya harus dimasukkan," katanya.

(agt)