Sandiaga Ingin Harga Tiket LRT Gratis Selama Asian Games

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Sabtu, 16/06/2018 04:30 WIB
Sandiaga Ingin Harga Tiket LRT Gratis Selama Asian Games Sandiaga Uno ketika memeriksa LRT di Kelapa Gading. (Foto: CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menginginkan harga tiket LRT digratiskan sementara selama gelaran Asian Games 2018.

"Kami akan dorong selama Asian Games ini. Kami bebaskan dulu untuk membangun animo masyarakat tapi nanti akan dihitung (nilai) ekonominya," kata Sandi di Stasiun LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (14/6).

Sandi menyebut rencana gratiskan tiket LRT dilakukan demi meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan transportasi berbasis rel tersebut.
Jika LRT digratiskan, masyarakat akan berbondong-bondong mencoba menggunakan transportasi tersebut. Secara bertahap beralih dari moda transportasi pribadi ke moda transportasi umum.


"Kami sedang menghitung memastikan bahwa awareness dari masyarakat, tingkat pengetahuan masyarakat terhadap fasilitas infrastruktur publik kelas dunia ini ada," ujarnya

Lebih lanjut, Sandi juga mengaku akan segera melakukan kajian harga tiket pascagelaran Asian Games berlangsung.
"Kami akan lakukan simulasi dan kajian karena yang terpenting adalah LRT ini bisa menjadi bagian dari pengurangan beban terhadap jalan maka harus ada insentif (harga) yang jelas," ucap dia.

Sandi sendiri belum mau menyebut nominal pasti harga tiket LRT. Menurutnya, setelah simulasi Asian Games akan dilakukan kajian terkait harga ini yang harus mendapatkan persetujuan pihak DPRD.

"Nanti akan diuji di beberapa PSO (public service obligation) yang harus dianggarkan dan mendapat persetujuan dari teman-teman DPRD," tutupnya.
Sandi sendiri siang kemarin melakukan uji coba perjalanam sejauh 1,1 KM menggunakan LRT. Perjalanan itu dilakukan dari stasiun LRT Mal Kelapa Gading menuju stasiun Boulevard Kelapa Gading. Perjalanan sejauh 1,1 KM itu hanya ditempuh kurang lebih selama delapan menit.

Sandi pun mengaku puas, dan yakin LRT Jakarta fase 1 bisa beroperasi dan dinikmati warga selama gelaran Asian Games pada Agustus mendatang.

"Tidak kalah dengan yang di London. Bagus sekali. saya optimis bisa digunakan pas Asian Games berlangsung," katanya. (age/age)