Lonjakan Arus Balik Belum Terlihat pada H+3 Lebaran

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 14:43 WIB
Lonjakan Arus Balik Belum Terlihat pada H+3 Lebaran Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/6). (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lonjakan arus balik menuju Jakarta pada hari keempat lebaran atau H+3 belum terlihat. Berdasarkan pantauan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di sejumlah titik masih terpantau lengang.

Irjen Kemenhub Wahyu Utomo mengatakan Kemenhub memantau belasan titik arus balik.

"(Tadi) hampir 16 lokasi baik darat, laut, udara dan dilaporkan sampai dengan siang ini itu belum terjadi lonjakan arus mudik yang berarti," kata Wahyu saat ditemui di posko mudik Kemenhub, Senin (18/6).


Wahyu menyebut semua instansi sudah bersiap untuk pelayanan penumpang termasuk posko kesehatan serta koordinasi dengan aparat keamanan.

Namun, Wahyu mengimbau semua pihak untuk tetap waspada, terutama mereka yang berada di jalur laut.

"Saya tekankan betul tadi bahwa jangan sampai ada kapal-kapal yang mengangkut melebihi batas muatan kapasitas juga termasuk alat-alat keselamatan tersedia dengan baik karena cuaca saat ini beberapa lokasi kurang bersahabat," kata dia.
Wahyu menyebut dua lokasi dengan cuaca kurang bersahabat yakni di Batam dan Ambon. Namun berdasarkan pantauan, tidak ada penumpukan penumpang baik mereka yang melakukan perjalanan udara maupun laut di dua lokasi tersebut.

Wahyu memperkirakan puncak arus balik terjadi pada 19-20 Juni. Ia pun berharap tidak terjadi penumpukan penumpang saat puncak arus balik nanti.

Ia menambahkan, antisipasi yang bisa dilakukan antara lain penambahan penerbangan atau extra flight.

"Jadi begini pada waktu mudik saja extra flight tidak digunakan secara maksimal yang sudah kita siapkan nah, arus balik kita siapkan. Kalau ada lonjakan, extra flight kita siapkan. Mudah-mudahan bisa memenuhi kebutuhan," ujarnya.

Sedangkan untuk jalur darat, Wahyu berkata, beberapa skenario sudah disiapkan oleh pihak kepolisian. Himbauannya, pemudik mulai kembali sebelum tanggal puncak arus balik agar lalu lintas lebih terurai.

Senada, Ketua Harian Posko Mudik Kemenhub Hary Kriswanto mengatakan arus balik terpantau lengang.

"Kalau dilihat, masih lengang, normal. Stasiun juga belum berjubel," katanya pada CNNIndonesia.com.

Dari pantauan CCTV, hingga siang ini hampir semua titik lokasi terpantau lengang.

Lokasi-lokasi seperti Padalarang, Majalengka, Cileunyi, Simpang Pejagan, dan pintu tol Cikampek.

Selain itu beberapa lokasi lain terpantau ramai lancar yakni, Nagrek, pintu tol Merak dan jembatan timbang Gentong.

"Orang itu memaksimalkan liburan. Secara kultur orang balik mulai nanti atau besok," katanya.
(ugo/asa)