Macet Parah, Jalur Cianjur-Puncak Ditutup Polisi

Yugo Hindarto, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 15:09 WIB
Macet Parah, Jalur Cianjur-Puncak Ditutup Polisi Antrean kendaraan wisatawan menuju jalur Puncak, Gadog, Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di kawasan Puncak, Bogor. Polisi menutup jalur dari Cianjur menuju Cipanas dan Puncak, sehingga arus lalu lintas menjadi satu arah dari Puncak menuju Cianjur.

Pemudik dari arah Cianjur yang hendak melalui puncak diarahkan ke jalur alternatif seperti Sukabumi dan Jonggol.

Mengutip Antara, Senin (18/6), Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur mulai dari perempatan tugu lampu Gentur-By Pass.


Penutupan dilakukan karena hingga Senin siang antrean kendaraan dari Cianjur menuju Cipanas-Puncak-Bogor mencapai puluhan kilometer dengan ekor antrean di Jalan Dr Muwardi-By Pass, Cianjur.

Kanit Unit Pendidikan dan rekayasa (Dikyasa) Polres Cianjur Ipda Jaelani mengatakan antrean kendaraan tidak bergerak di jalur Puncak-Cianjur, dan sebaliknya terus memanjang.

Penutupan arus dari Cianjur menuju Puncak-Cipanas guna menghindari terjadinya macet total hingga berjam-jam seiring terus meningkatnya kendaraan pemudik dan wisatawan.

"Kendaraan pemudik yang hendak kembali ke perantauan sudah berbaur dengan kendaraan wisatawan menuju Puncak-Cipanas. Kami belum bisa memastikan sampai berapa lama jalur ditutup," katanya.


Pihaknya mengarahkan kendaraan dari arah Bandung-Cianjur dengan tujuan Bogor dan seterusnya untuk mengambil jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi karena kondisi kendaraan di Jalur Puncak-Cianjur tidak bergerak.

"Kami masih menunggu kordinasi dari atas (Puncak-Cipanas) apakah jalur sudah dapat dibuka atau belum. Untuk warga lokal dengan tujuan Cipanas, kami arahkan ke jalur alternatif Cianjur tembus Cugenang," katanya.

Sementara itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan kemacetan juga terjadi dari arah Bogor menuju Puncak. Kemacetan parah terjadi di Simpang Gadog terjadi sejak pukul 06.00 WIB.

"Kebanyakan didominasi oleh kendaraan roda empat (Mobil Pribadi) yang hendak mengunjungi tempat wisata daerah Puncak," kata Kepala Bidang Pengawasan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda.

Menurut dia kepadatan ini akan terus terjadi hingga menjelang malam atau sekitar pukul 18.00 WIB.

Arus lalu lintas di jalur Puncak, kata dia, masih terpantau padat dengan estimasi kecepatan hanya berkisar 20 kilometer per jam.


[Gambas:Video CNN]