Penumpang ke Pulau Seribu Semakin Menurun di H+10 Lebaran

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 21:40 WIB
Penumpang ke Pulau Seribu Semakin Menurun di H+10 Lebaran Tujuan para penumpang dari Dermaga Muara Angke paling banyak menuju Pulau Pari, Pulau Tidung, hingga Pulau Pramuka. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Perhubungan dan Transportasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan jumlah jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Muara Angke menuju Kepulauan Seribu mengalami penurunan sepuluh hari selepas Idul Fitri 2018.

Petugas pengawas Dishubtrans Pemprov DKI, Supii mengatakan jumlah penumpang kapal pada Minggu (24/6) hanya mencapai 1.112 penumpang.

"Pagi ini ada sepuluh keberangkatan dengan total jumlah 1.112 penumpang. Jumlahnya jauh menurun kalau dibandingkan beberapa hari setelah lebaran," ujar Supii kepada CNNIndonesia.com.


Supii membeberkan puncak kunjungan ke Kepulauan Seribu dari Pelabuhan Muara Angke terjadi pada H+2 dan H+3 setelah lebaran.

Pihaknya mencatat pada H+2 jumlah penumpang mencapai 7.358 dengan jumlah keberangkatan kapal mencapai 36 perjalanan. Sementara pada H+3 jumlah penumpang mencapai 6.987 penumpang dengan jumlah keberangkatan sebanyak 39 perjalanan.

Tujuan perjalanan penumpang dan kapal, kata dia, merata ke pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pari, Pulau Tidung, hingga Pulau Pramuka.

Lebih lanjut, Supii menyampaikan total penumpang sejak 8-24 Juni 2018 dari Pelabuhan Muara Angke ke Kepulauan Seribu mencapai 49.143 orang dengan total keberangkatan kapal mencapai 336 perjalanan.

"Sementara kedatangan penumpang dari Kepulauan Seribu sebanyak 37.160 penumpang. Jumlahnya tidak sama dengan keberangkatan karena ada pelabuhan lain yang ada di Jakarta, seperti pelabuhan Marina Ancol," ujarnya.

Supii melanjutkan hingga saat ini belum menerima laporan kecelakaan pelayaran. Ia menyebut pihaknya hanya menerima laporan sejumlah penumpang yang pingsan karena kelelahan usai berlibur di Kepulauan Seribu.

"Sejauh ini pelayaran dari Pelabuhan ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu berjalan aman. Kami selalu pantau dan awasi kapal-kapal sebelum dan sesudah berlayar agar tidak terjadi masalah," ujar Supii.

Lebih dari itu, Supii mengingatkan seluruh penumpang dan nakhoda kapal untuk mematuhi ketentuan pelayaran yang telah ditetapkan agar tidak terjadi kendala selama perjalanan. Ia juga mengingatkan kepada penumpang untuk menjaga kebersihan laut dan pelabuhan.

(ayp)