Ketua Pro Jokowi Bantah Anggotanya Jadi Komisioner KPU

Ramadhan Rizki, CNN Indonesia | Minggu, 24/06/2018 22:02 WIB
Ketua Pro Jokowi Bantah Anggotanya Jadi Komisioner KPU Ketua Umum Ormas Pro Jokowi Budi Arie Setiadi membantah pernyataan Partai Gerindra yang menyebut ada anggota KPU Kota Pariaman yang merupakan relawan Jokowi. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Ormas Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menegaskan bahwa seluruh pengurusnya yang hendak menduduki jabatan publik termasuk menjabat sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di berbagai daerah, telah mengundurkan diri sejak lama dari kepengurusan.

Hal itu ia katakan membantah penyataan politisi Partai Gerindra Andre Rosiade yang menyebut ada anggota KPU Kota Pariaman, Sumatera Barat bernama Ory Sativa Syakban yang merupakan relawan Pro Jokowi (Projo).

"Yang bersangkutan sudah mengundurkan diri. Kami paham aturan. Saya sudah sampaikan kepada seluruh pengurus Projo di seluruh Indonesia bahwa kader dan pengurus Projo yang ingin menjadi komisioner KPU harus mengundurkan diri, " ungkap Budi dalam keterangan tertulis resminya yang diterima CNNIndonesia.com pada Minggu (24/6).


Berdasarkan pantauan di website Projo.id yang dilihat CNNIndonesia.com pada Minggu (24/6), Ory Sativa Sakban menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pengurus Cabang (DPC) Projo Kota Pariaman. Ory sendiri sudah ditetapkan sebagai Komisioner KPUD Kota Pariaman oleh KPU Pusat pada Juni 2018 lalu.

Mantan Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta itu turut menegaskan Projo tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku dan mendorong KPU di berbagai daerah untuk tetap bersikap netral dari kepentingan tim sukses kandidat manapun.

"Kami tetap mendukung Pemilu yang jujur, bersih dan adil. Kami sangat mendukung agar KPU bersikap netral, " ujar Budi.

Budi mengatakan bahwa pihaknya tak ingin menghalalkan segala cara untuk memenangkan Joko Widodo di Pilpres 2019 mendatang. Ia juga tak menginginkan ada intimidasi, kecurangan, politik uang hingga kabar bohong (hoaks) dalam pelaksanaan Pemilu.

"Kami menolak kampanye hitam, fitnah dan menyebarkan hoaks. Kami juga akan melawan segala bentuk politik uang. Kami percaya kekuatan rakyat. Kami ingin demokrasi kita makin bermartabat," pungkasnya.

Sebelumnya, Andre Rosiade menyebut ada anggota KPU Kota Pariaman, Sumatera Barat bernama Ory Sativa Syakban yang merupakan anggota relawan Pro Jokowi (Projo).

"Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Projo Kota Pariaman, Ory Sativa, terpilih menjadi anggota KPU Kota Pariaman," ucap Andre saat dihubungi, Minggu (24/6).

Tak cuma Ory, Andre menyebut KPU juga menunjuk salah satu anggota Tim Seleksi pengangkatan anggota KPU yang berasal dari Projo. Dia adalah Taufik, yang merupakan Timsel untuk kota Padang Panjang dan Pariaman, Sumatera Barat.

"Taufik adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang Projo Kota Pariaman," kata Andre.

Andre menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, itu merupakan bukti ada keberpihakan dari KPU kepada salah satu pihak peserta Pemilu. Andre sangat menyayangkan hal tersebut lantaran Taufik adalah pimpinan Projo di wilayahnya. (agi)