Delman Dilarang Beroperasi di Monas Selama Asian Games

Dhio Faiz, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 02:43 WIB
Delman Dilarang Beroperasi di Monas Selama Asian Games Keputusan diambil karena aturan sterilisasi melarang ada kuda hilir mudik di radius delapan kilometer dari arena Asian Games. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan melarang delman beroperasi di kawasan Monumen Nasional, selama Asian Games 2018 berlangsung. Sandi menyampaikan kebijakan itu diputuskan setelah ada kesepakatan antara Pemprov DKI dengan para kusir delman.

"Mereka tidak diperkenankan mengoperasikan delman di kawasan Monas mulai tanggal 1 Agustus sampai dengan 30 September 2018," kata Sandi saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Selasa (3/7).

Pelarangan ini terkait aturan sterilisasi di sekitar kawasan equistrian atau pacuan kuda di Pulomas, Jakarta Timur. Sandi menjelaskan tidak boleh ada penampungan dan pemotongan hewan ternak di radius satu kilometer dari arena tersebut.



Lalu tidak boleh ada kuda yang hilir mudik di radius delapan kilometer. Sementara jarak dari Monas ke Equistrian sekitar tujuh kilometer.

Aturan itu diterapkan berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 123 Tahun 2017 dan Instruksi Gubernur Nomor 39 Tahun 2018. Kemudian juga hasil konsultasi bersama petugas dari organisasi pemerhati kesehatan hewan internasional OIE.


"Jadi selama Asian Games di Kota Tua dan Ragunan itu yang akan diperbolehkan untuk beroperasinya kuda-kuda tersebut," ujarnya. (ayp/ayp)