Kritik Ekonomi, Amien Rais Sebut Jokowi Beri Prioritas China

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 13:43 WIB
Kritik Ekonomi, Amien Rais Sebut Jokowi Beri Prioritas China Amien Rais mengkritik pemerintahan Jokowi telah kehilangan kedaulatan ekonomi, salah satunya karena utang yang makin parah dan memberi prioritas untuk China. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Amien Rais menilai Indonesia dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo telah kehilangan kedaulatan ekonomi. Klaim Amien itu merujuk pada kekuatan asing, dalam hal ini China, yang ia sebut telah diberi ruang yang lebih dalam perekonomian negara.

Hilangnya kedaulatan ekonomi, kata mantan Ketua MPR itu, juga dapat dilihat dari utang negara yang semakin parah.

"Jadi dalam pengamatan saya negeri ini sudah kehilangan beberapa kedaulatan. Di ekonomi kita enggak berdaulat lagi karena utang kita ke luar negeri sudah sedemikian parah dan kita tahu juga ada negara besar yang namanya China itu mendapatkan prioritas berlebihan," kata Amien setelah menghadiri halalbihalal di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/7) siang.



Ketua Dewan Kehormatan PAN itu mengaku tak ada negara di mana pun yang tak mendapat intervensi oleh kekuatan global baik dalam bentuk pengaruh ekonomi, keuangan, atau militer.

Kendati demikian, Amien tetap menyoroti kebijakan ekonomi Jokowinomics alias kebijakan ekonomi ala Jokowi. Menurutnya, Jokowinomics justru menyebabkan pelemahan daya beli dalam negeri, utang yang terus menggunung, hingga penyerobotan lapangan kerja oleh tenaga kerja asing khususnya dari China.

Hal lain yang keluar dari mulut Amien adalah fenomena negara di atas negara seperti proyek Meikarta dan reklamasi teluk Jakarta.

"Jadi kalau negara di atas negara ini menggurita kemudian seperti kata Bung Karno, kita bisa menjadi bangsa kuli, bangsa penonton, kita melihat bangsa yang senang makmur itu bukan bangsa sendiri. Kita cuma jadi tukang lap, tukang tambal ban, tukang sapu jalan, pelayan restoran, kemudian hal-hal yang kecil itu sendiri," jelasnya.

Komentar tersebut merupakan kelanjutan dari isi pidato Amien saat mengisi pidato dalam acara halalbihalal di kantor PP Muhammadiyah. Ini merupakan kritik Amien yang kesekian kali terhadap pemerintahan Jokowi.

Sebelumya Amien menyebut keberadaan dajal ekonomi dan dajal intelijen dalam pemerintahan Jokowi. Mantan Ketua MPR ini juga menilai pemerintah saat ini menerapkan demokrasi yang tebang pilih. (osc)