Uang Rp30 M di KM Lestari Maju Dievakuasi, Gaji ASN Telat

CNN Indonesia | Rabu, 04/07/2018 13:23 WIB
Uang Rp30 M di KM Lestari Maju Dievakuasi, Gaji ASN Telat Pj Gubernur Sulsel Sumarsono menyebutkan uang Rp30 miliar di KM Lestari Maju sudah dievakuasi ke daratan. Gaji untuk ASN di Selayar diperkirakan telat. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto0.
Jakarta, CNN Indonesia -- Uang Rp30 miliar yang berada di KM Lestari Maju saat kandas di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan sudah ditemukan. Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono menerangkan uang tersebut sudah diangkut ke daratan.

"Jam 10-an saya dapat laporan uang itu masih utuh di kardus di dalam box dan tadi sudah dievakuasi," kata Sumarsono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (4/7).

Sumarsono mengungkapkan uang untuk gaji Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Selayar itu ditemukan di dalam plastik dan setengah basah. Kini uang gaji ASN sekaligus dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) itu sedang dikeringkan.


"Setelahnya kalau sudah kering akan kita kirim lagi dengan kapal lain ke Selayar untuk gaji ASN dan untuk dana BOS," ungkap dia.

Karena baru akan dikirim, Sumarsono memperkirakan bakal ada keterlambatan gaji bagi PNS di Selayar. Namun ia memastikan jumlah uang yang dikirimkan tidak akan berkurang.

"Keterlambatan satu dua hari ini. Semua kalau dana hilang kita siap ganti uang yang lain karena dana tersebut diasuransikan. Tidak ada masalah jumlah yang sama," ungkap dia.

Diketahui ada dua orang dari pihak Bank Sulselbar di samping mobil pembawa uang itu. Sopir dan petugas keamanannya disebut Sumarsono juga sudah dievakuasi.

"Awalnya tiga penjaganya. Tapi yang satu sudah duluan dievakuasi. Sisa duanya juga sudah dievakuasi paling belakang karena mereka enggak berani meninggalkan uang itu," ungkap dia.

Sumarsono juga meluruskan informasi terkait beredarnya foto karung cokelat berisi uang Rp30 miliar merupakan kabar bohong alias hoaks. Di dalam karung cokelat itu hanya ada kardus berisi mi instan.

"Di dalam boks gambar yang beredar uang tersebar hoax. Bukan uang tapi kotak mi instan," tegas dia.

Kapal Motor Lestari Maju kandas di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang. Kapal tersebut diduga mengalami kerusakan mesin saat tengah berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar.

Hingga pagi ini korban tewas akibat kecelakaan KM Lestari Maju itu menjadi 30 orang. Sementara 130 orang lainnya selamat.

"Jadi update terkini jam 07.35 WIB, yang ditemukan 160 orang, selamat 130 orang, meninggal dunia 30 orang," ujar Kepala Bagian Humas Basarnas Marsudi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (4/7).

Marsudi juga menyebut, empat orang lainnya masih belum ditemukan dan masih dalam proses pencarian. Lebih jauh Marsudi menyebut jumlah orang di atas kapal mencapai 164 orang, sementara yang tercatat 144 orang (osc/osc)