Sisa Anggaran DKI Capai Rp13 Triliun, DPRD Kritik Pemprov

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 07:19 WIB
Sisa Anggaran DKI Capai Rp13 Triliun, DPRD Kritik Pemprov Sejumlah fraksi DPRD DKI menyoroti penyerapan anggaran oleh Pemprov DKI karena sisa lebih perhitungan anggaran mencapai Rp13,16 triliun. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta mengkritik atas Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) Pemprov DKI Jakarta tahun anggaran 2017 yang mencapai Rp13,16 triliun.

Kritik tersebut disampaikan dalam rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi DPRD DKI tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017.

Fraksi PDIP DPRD DKI mengatakan tingginya Silpa tersebut tidak bisa dibanggakan. Pihaknya meminta agar Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno untuk bisa menggunakan anggaran secara lebih efektif.


"Sebesar apa pun Silpa bukan pelanggaran APBD, tapi pembangunan dan program yang sudah direncanakan harus dilaksanakan," kata anggota fraksi PDIP Rikardo di ruang paripurna DPRD DKI, Jakarta, Rabu (4/7).

"Ada efisiensi tanpa mengurangi kualitas pembangunan, barang dan jasa, dan pelayanan masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Nasdem menganggap besarnya Silpa justru akan berdampak pada melemahnya ekonomi. Kemudian Silpa yang besar juga berdampak pada daya beli masyarakat, khususnya Jakarta.

"Angka ini bukan angka yang kecil dan menunjukkan adanya kegagalan penyerapan anggaran," kata Ketua Fraksi Nasdem Bestari Barus.

Begitu juga Anggota fraksi PKS Muhammad Subki yang mempertanyakan perihal rendahnya serapan anggaran tahun 2017.

Menurutnya, tak ada peningkatan penyerapan anggaran oleh Pemprov dibanding dengan tahun sebelumnya.

Padahal, kata Subki penyerapan anggaran memjadi salah satu target yang perlu dicapai oleh pemerintahan yang baru.

"Peningkatan realisasi pendapatan seharusnya juga diikuti dengan peningkatan kinerja dan penyerapan anggaran secara bertahap untuk memenuhi janji-janji kerja yang susah disampaikan," tutur Subki.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan Silpa tahun 2017 Pemprov mencapai Rp13,16 triliun.

"Diperoleh sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2017 sebesar Rp13,16 triliun," kata Anies, Senin (2/7). (osc)