Anies Lantik Sejumlah Kepala Dinas Baru di Pemprov DKI

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 05/07/2018 22:55 WIB
Anies Lantik Sejumlah Kepala Dinas Baru di Pemprov DKI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap rotasi jabatan tersebut meningkatkan kemampuan dan kepemimpinan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik sejumlah kepala dinas baru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Pelantikan dilakukan berbarengan dengan lima Wali Kota dan Bupati Kepulauan Seribu.

Dalam sambutannya, Anies berharap rotasi jabatan tersebut meningkatkan kemampuan dan kepemimpinan para pejabat di lingkungan Pemprov DKI.

"Sehingga ketika dapat amanat menyusun program, RPJMD sudah ditetapkan, 5 tahun ini sudah track jelas arahnya, lalu harus menyusun program dna menyusun kegiatan," kata Anies dalam acara pelantikan di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Kamis (5/7).


Sejumlah kepala dinas yang dilantik antara lain Tuty Kusumawati sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI, Dhany Sukma sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI, serta Irmansyah sebagai Kepala Dinas Sosial DKI.


Selain itu, Anies juga melantik Yusmada Faizal sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI, Edi Sumantri sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BKPD), Michael Rolandi sebagai Inspektur pada Inspektorat Pemprov DKI, Zainal sebagai Kepala Biro Kesejahteraan.

Kemudian, Togi Asman Sinaga sebagai Asisten Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan, Gamal Sinurat sebagai Asisten Deputi Gubernur bidang Pengendalian Pemukiman, Faisal Syafruddin sebagai Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI.

Lalu, Yunadi sebagai Kepala Unit Pengadaan Tanah Sumber Daya Air Dinas Tata Air DKI, Syaefulloh Hidayat sebagai Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama dan Seksi Menengah Atas Dinas Pendidikan DKI, serta Bambang Sugiyono sebagai Widyaiswara Ahli Utama pada Badan Pengembangan SDM DKI.

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1036 Tahun 2018 pada tanggal 5 Juli tentang Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian dalam dan dari atau jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Anies pun mengingatkan kepada para pejabat yang baru saja dilantik perihal visi misi Jakarta, yakni Jakarta yang adil, maju dan bahagia.


"Bapak ibu punya tanggung jawab melaksanakan itu semua," ujarnya.

Lebih dari itu, Anies mengklaim perombakan jabatan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada, dengan melewati proses panitia seleksi mutasi dan rotasi.

Panitia seleksi itu, kata Anies telah ditetapkan pada 8 Juni lalu lewat surat keputusan yang ditandatanganinya.

Pansel itu, lanjutnya kemudian menetapkan pejabat-pejabat yang perlu mendapatkan pengalaman baru, rotasi, serta mutasi, termasuk yang purna tugas atau pensiun.


"Kita jaga proses dengan benar, pengelolaan ini kita lakukan dengan menyandarkan kepada prosedur peraturan perundangan pemerintah," ujar Anies. (ayp/gil)