Khofifah Dukung Jokowi, Emil Yakin Koalisi Tak Terpengaruh

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 05:45 WIB
Khofifah Dukung Jokowi, Emil Yakin Koalisi Tak Terpengaruh Cawagub Jatim Emil Dardak berpendapat dukungan pasangannya, Khofifah Indar Parawansa, terhadap Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019 tak akan merusak koalisi. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak berpendapat dukungan pasangannya, calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, terhadap Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tidak akan merusak koalisi yang terbentuk saat ini.

"Saya tidak melihat apa yang dilakukan Ibu Khofifah itu kemudian menjadi suatu masalah besar di dalam koalisi kami," kata Emil di Istana Bogor, Kamis (5/7).
Dukungan Khofifah kepada Jokowi menjadi sorotan sebab Khofifah maju bersama Emil di Jawa Timur atas dukungan Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, PPP, Partai Demokrat, dan PAN.

Hingga saat ini, Demokrat dan PAN masih belum menentukan pilihan akan mengusung atau mendukung calon presiden manapun.


Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, kerap mengkritik sejumlah kebijakan pemerintah selama dipimpin oleh Presiden Jokowi, seperti pemberian gaji ke-13 dan harga BBM.

Emil berpendapat kritik yang disampaikan selama ini tak bermaksud menjatuhkan.
"Memberi masukan ada niatnya menjatuhkan, ada juga yang benar-benar murni kritik membangun, itu masyarakat benar-benar bisa menilai," tuturnya.

Di sisi lain, Emil meyakini Partai Demokrat tak ragu mengapresiasi kinerja yang dicapai pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla ydalam beberapa tahun ini.

"Jadi saya rasa budaya menghargai pemerintahan sebelumnya dan juga pemerintahan sebelumnya juga menghargai pemerintahan yang melanjutkannya, itu harus tetap dijaga," kata Emil.

(aal)