INASGOC Bandingkan Tiket Asian Games dan Konser Celine Dion

Priska Sari Pratiwi, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 14:21 WIB
INASGOC Bandingkan Tiket Asian Games dan Konser Celine Dion Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) Erick Tohir mengklaim telah melakukan riset buat menetapkan harga tiket Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polemik harga tiket Asian Games 2018 membuat Ketua Panitia Pelaksana Asian Games (INASGOC) Erick Tohir buka suara. Dia mengklaim banderol yang dipasang bukan asal mencari untung, jika dibandingkan dengan harga tiket konser musikus kelas dunia.

"Saya rasa itu sudah ada risetnya. Kadang ya kita ini dukung tim Indonesia bilang mahal, tapi nonton (konser) Celine Dion Rp20 juta enggak mahal," ujar Erick saat ditemui di kantor wakil presiden, Jakarta, Jumat (6/7).

Erick mengklaim INASGOC telah melakukan riset buat menetapkan harga tiket Asian Games 2018. Hanya saja tarif buat menyaksikan pertandingan tertentu serta acara pembukaan dan penutupan dikritik sejumlah pihak, termasuk oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, lantaran dianggap terlalu mahal.



Jika dibandingkan dengan harga tiket konser Celine Dion, menurut Erick, harga tiket Asian Games jauh lebih murah. Selain itu ia juga harus menyesuaikan banderol dengan pengunjung yang tak hanya berasal dari Indonesia.

"Jadi harga tiket itu sudah tepat. Apalagi nanti ada masyarakat dari luar negeri, nanti malah kemurahan buat mereka," katanya.

Di sisi lain, lanjut Erick, masyarakat tak perlu khawatir lantaran akan ada banyak promo harga tiket Asian Games. Promo ini merupakan kerja sama penyelenggara dengan sponsor maupun pihak perbankan.

Penyanyi perempuan asal Prancis Celine Dion diketahui akan menggelar konser di Indonesia pada 7 Juli besok. Harga tiket untuk menonton pelantun tembang populer 'The Power of Love' itu dibanderol mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp25 juta.

Hari ini rencananya Sandiaga bakal berunding dengan INASGOC, buat bernegosiasi soal harga tiket itu. Sebab dia mengeluh tarif dipatok INASGOC kelewat mahal, dan dikhawatirkan tidak terjangkau oleh masyarakat.


Contoh yang Sandiaga ungkap adalah tiket cabang olahraga renang dilego Rp300 ribu. Kemudian untuk konser upacara pembukaan dan penutupan berkisar Rp750 ribu hingga Rp5 juta.

Kementerian Pemuda dan Olahraga sebelumnya juga telah berniat mengirim surat ke panitia INASGOC, buat mempertimbangkan lagu perihal harga tiket itu. (ayp/gil)