Anies akan Bongkar JPO karena Halangi Patung Selamat Datang

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 17:46 WIB
Anies akan Bongkar JPO karena Halangi Patung Selamat Datang Foto: CNNIndonesia/Hesti Rika Pratiwi
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana akan membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) yang ada di dekat bundaran Hotel Indonesia (HI). Anies beralasan adanya JPO tersebut menghalangi pandangan orang yang ingin melihat Patung Selamat Datang, yang menjadi salah satu ikon Jakarta.

"Jembatan penyeberangan yang sekarang masih ada di dekat bundaran HI itu nanti akan kita turunkan," kata Anies di kawasan Sudirman, Minggu (22/7).

Anies menyampaikan Patung Selamat Datang tersebut dulunya dibangun untuk menyambut para peserta Asian Games di Jakarta pada tahun 1962 silam. Dengan dibongkarnya JPO tersebut, Anies berharap masyarakat biss melihat patung tersebut tanpa terhalang oleh JPO.
"Semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula," tuturnya.


Nantinya, kata Anies, Pemprov DKI akan membangun jalur penyeberangan di bawah tanah atau underpass sebagai pengganti dari JPO. Pembangunan penyeberangan di bawah tanah tersebut, lanjutnya akan langsung terintegrasi dengan stasiun MRT dan halte Transjakarta.

"Karena ada MRT itu dibangun, justru tempat berentinya Transjakarta nanti tidak lagi naik ke atas, tapi nanti akan turun ke bawah," ujar Anies.

Kendati demikan, Anies belum mengungkapkan kapan rencana pembongkaran JPO tersebut akan dilakukan. (age/age)