Dirjen Pemasyarakatan Sidak LP Sukamiskin

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 19:32 WIB
Dirjen Pemasyarakatan Sidak LP Sukamiskin Dirjen Pemasyarakatan mengunjungi LP Sukamiskin, Bandung. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dirjen Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mendatangi Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/7).

Pantauan CNNIndonesia.com, Sri didampingi para stafnya memasuki lapas sekitar pukul 18.30 WIB.

Sri menyapa wartawan yang menanti di pintu masuk lapas. Namun ia tak memberi keterangan soal kedatangannya.


"Saya ke dalam dulu ya," kata Sri.

Sementara itu, juru bicara Dirjen PAS Kemenkumham, Ade Kusmanto mengatakan, kedatangan Sri guna merazia hunian lapas pasca operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang dilakukan Jumat lalu.
Dirjen Pemasyarakatan Sidak LP SukamiskinDirektur Jendral Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami. (CNN Indonesia/Ciputri Hutabarat)

"Beliau memeriksa seluruh kamar hunian apakah ada barang yang dilarang di luar standar atau tidak. Akan diperiksa semua, kalau ada akan ditindak," ujar Ade.

Ade mengakui, operasi tangkap tangan yang melibatkan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein membuat pihaknya malu dan kecewa.

Untuk itu, Dirjen Pemasyarakatan akan melakukan sejumlah perbaikan tidak hanya di Lapas Sukamiskin, tetapi seluruh lapas yang ada di Indonesia.

"Dengan peristiwa kemarin kita akan menata ulang mana barang yang tidak boleh dimiliki warga binaan dan yang boleh," bebernya.

"Para petugas di sini juga akan divealuasi. Tak menutup kemungkinan dipindahkan hingga diganti yang baru," katanya. (hyg/sur)