Anies Siapkan Rp100 Juta untuk Pelican Crossing Pengganti JPO

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 24/07/2018 15:35 WIB
Anies Siapkan Rp100 Juta untuk Pelican Crossing Pengganti JPO JPO di kawasan Bundaran HI akan dipugar dan digantikan penyeberangan bawah tanah. Untuk sementara akan dibangun pelican crossing. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan dana Rp100 juta untuk membangun tempat penyeberangan di Jalan MH Thamrin. Tempat penyeberangan tersebut disertai lampu yang biasa disebut pelican crossing.

Pelican crossing dibangun sebagai tempat penyeberangan sementara karena jembatan penyeberangan orang (JPO) di lokasi tersebut akan dibongkar. Anies menyebut JPO itu menghalangi pemandangan ke arah Patung Selamat Datang di Bundaran HI.

Nantinya akan dibangun tempat penyeberangan bawah tanah sebagai pengganti JPO.
Anies Siapkan Rp100 Juta untuk Pelican Crossing Pengganti JPOPelican crossing akan dibangun untuk pengganti sementara JPO HI. (ANTARA FOTO/Fadlansyah)

"Kira-kira diperlukan sekitar Rp100 juta," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/7).

Jika nanti penyeberangan bawah tanah selesai dibangun, maka pelican crossing tidak akan digunakan lagi.

"Kalau sudah selesai jembatan bawah tanah, maka pelican crossing tidak lagi diaktifkan," ujarnya.


Pembangunan pelican crossing diserahkan pada Dinas Perhubungan. Sementara pembongkaran JPO diserahkan ke PT MRT.

"Insyaallah pengerjaannya akan dimulai weekend besok, mudah-mudahan tidak lama akan selesai, karena kalau pelican crossing relatif simpel," katanya.

Anies menambahkan, selain di Bundaran HI, nantinya pembangunan pelican crossing juga dibangun di dekat bundaran Indosat.
(sur)