FOTO: Mural Asian Games di Tiang-tiang Tol Rawamangun

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Sabtu, 04/08/2018 19:23 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk menyambut Asian Games 2018, tiang-tiang tol Rawangun Jakarta dihiasi mural karya ratusan seniman yang berasal dari berbagai negara.

Peserta mengikuti kompetisi mural di tiang tol kawasan Rawamangun, Jakarta, Sabtu (4/8). Kompetisi tersebut digelar dalam rangka menyambut ajang Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sekitar 365 peserta yang berasal dari berbagai negara di Asia Tenggara mengikuti kegiatan ini. Mereka terbagi ke dalam 73 kelompok. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kebutuhan cat ini disuplai oleh penyelenggara, tapi tidak semua peserta mendapatkan warna yang mereka butuhkan. Cat yang terbatas ini jadi keluhan para peserta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sebelum bisa mengikuti lomba, peserta harus melalui tahapan seleksi konsep. Poin utama yang menjadi penilaian ialah konsep harus sesuai tema yakni Culture and Diversity Energy of Asia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tema lomba itu sendiri disesuaikan dengan konsep Energy of Asia di ajang Asian Games yang memang merupakan pesta olahraga terbesar di benua tersebut. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kurator seni rupa Bambang Asrini Widjarko, selaku salah satu juri, mengatakan kompetisi mural ini merupakan pertemuan para seniman mural terbesar dan terbanyak di Asia Tenggara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Para peserta harus menyelesaikan karyanya dalam waktu empat hari, yang dimulai hari ini hingga Selasa (7/8) pekan depan tepat pukul 12.00 WIB.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Untuk memilih peserta, panitia menyeleksi 189 desain yang masuk secara online. Sebanyak 100 desain diantaranya diturunkan karena memuat SARA, fasis, dan kekerasan.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Lepas dari lomba ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sendiri menginginkan lebih banyak mural hiasi dinding-dinding kota di seluruh wilayah Jakarta.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Untuk mewujudkan hal tersebut, mantan menteri pendidikan tersebut mengaku tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah seniman mural.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)