Bau Kali Item Tak Terendus Jelang Kedatangan Tamu Wisma Atlet

Setyo Aji, CNN Indonesia | Kamis, 09/08/2018 08:56 WIB
Bau Kali Item Tak Terendus Jelang Kedatangan Tamu Wisma Atlet Waring menutupi Kali Item di samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hanya satu hari lagi, tepatnya pada 10 Agustus, sebanyak 11.228 atlet dari seluruh negara peserta Asian Games 2018 bakal menempati Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Wisma Atlet yang bersebelahan dengan Kali Sentiong atau Kali Item menjadi sorotan berbagai pihak selama satu bulan terakhir. Masalah utamanya terkait bau tak sedap dari Kali Item.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi bau anyir yang menyeruak ke Wisma Atlet.



Wakil Presiden Jusuf Kalla pada kunjungannnya Jumat (3/8) lalu memastikan bau dari Kali Item sudah tidak lagi tercium dari Wisma Atlet. Ia sempat makan pisang bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membuktikan hal tersebut.

Saat CNNIndonesia.com memasuki kawasan Wisma Atlet, sejumlah petugas kepolisan tampak tengah berjaga. Beberapa petugas pengelola juga bersih-bersih memunguti sampah dedaunan di sekitar area taman.

Beberapa pohon baru ditanam dengan rumput yang tampak mengering. Terlihat juga beberapa stan berdiri di sekitar wilayah venue untuk menunjang kebutuhan para atlet, seperti mesin ATM dan area internet nirkabel.

Sebuah panggung di seberang tower 7 didirikan untuk pertunjukan musik. Anthony, salah satu petugas pengelola Wisma Atlet mengatakan panggung tersebut akan diisi acara hiburan bagi para atlet yang tinggal di sana.


Di antara sepuluh gedung di area seluas 10,6 hektare itu tersedia dua macam lift, yakni lift biasa dan lift untuk atlet berkebutuhan khusus, lengkap dengan tiang penyangga dan jalur untuk kursi roda.

Sementara itu, para atlet akan tinggal di kamar bertipe 36 dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi dan satu ruangan untuk kebutuhan menjemur pakaian. Kamar untuk atlet ini dilengkapi fasilitas pendingin ruangan, tiga buah kasur, lemari, Wi-Fi, serta pemanas air.

Wisma Atlet dan Bau Kali Item Sebelum Tamu Asian Games DatangWisma Atlet di Kemayoran, Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Suasana berbeda terlihat di kamar atlet berkebutuhan khusus. Tidak terdapat sekat antarkamar tidur dan ruang tamu. Untuk menuju kamar mandi, disiapkan juga jalur khusus kursi roda lengkap dengan tiang penyangga.

Tower 7 merupakan bangunan yang letaknya paling dekat dengan Kali Item. Menurut Anthony, sebelum Kali Item ditutupi waring dan disebar mikroba pembunuh bakteri, bau tak sedap sudah tercium di lantai 4 tower 7.

Namun saat CNNIndonesia.com ke sana, bau tak sedap itu tak tercium lagi meskipun angin berhembus kencang saat itu. Begitu pula di wilayah terbuka (outdoor) lantai 12, bau anyir tak tercium di sana.

"Sudah tidak berbau semenjak penanganan dari Pemprov DKI, sudah tidak ada bau baik dari lantai 4 maupun lantai 12 di wilayah outdoor kita," terang dia.


Wilayah selanjutnya yang paling dekat dengan Kali Item adalah ruang makan (dining hall) para atlet. Menteri Pemuda dan Olahraga sempat mengeluhkan bau tak sedap dari Kali Item yang tercium di lokasi itu. Hanya saja saat ini bau itu tak tercium lagi.

"Seperti yang kita lihat tadi bau tak sedap juga sudah hilang di dining hall," ujar Anthony.

Wisma Atlet tampak cukup siap dihuni para atlet. Namun beberapa stan dari sponsor acara masih dipersiapkan.

Di luar Wisma Atlet, bau tak sedap tak lagi terendus ketika berkeliling di sekitar Kali Item. Namun ketika menjulurkan kepala ke arah kali, bau tersebut bisa dirasakan.

Hal itu diamini oleh seorang warga Kampung Delta Serdang, Sutoyo (48) yang sehari-harinya tinggal dan berjualan di pinggiran Kali Item belakang Wisma Atlet Kemayoran.

"Sudah dua minggu ini kali ya, baunya enggak tercium. Kalau dulu sih bau lumayan nyengat sekarang sih sudah enggak. Saya sih inginnya Pemprov terus jaga kali ini biar enggak bau sampai setelah Asian Games selesai," ujar Sutoyo.
(pmg)