Metromini dan Kopaja Dilarang Lewat Sudirman-Thamrin Besok

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 20:42 WIB
Metromini dan Kopaja Dilarang Lewat Sudirman-Thamrin Besok Pemprov DKI mulai esok, Rabu (15/8) akan melarang Metromini dan Kopaja dilarang melintasi kawasan Sudirman-Thamrin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi melarang Metromini dan Kopaja melintas di Jalan Sudirman-Thamrin mulai esok hari, Rabu (15/8).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah menyebut larangan tersebut terkait dengan gelaran Asian Games 2018.

"Ya pertama yang pasti akan kami alihkan dulu ya pemberitahuan, pemahaman, alihkan ya, makanya kita mengawalinya tanggal 15 Agustus," kata Andri di Balai Kota Jakarta, Selasa (14/8).


Andri menyebut selama tanggal 15-17 Agustus, jika masih ada Metromini maupun Kopaja yang melintas masih akan diberikan toleransi.

"Kalau tanggal 18 masih itu juga ya, akan kita tindak sebenarnya," ujarnya.

Andri menjelaskan pelarangan Metromini dan Kopaja tersebut diterapkan karena kedua moda transportasi umum itu dianggap tak laik jalan. Sebab, menurutnya rata-rata kendaraan tersebut telah berusia lebih dari 10 tahun.

"Batas usia kendaraan, kan, tidak boleh lebih dari 10 tahun," ucap Andri.

Penindakan terhadap Metromini dan Kopaja yang tetap melintas di Jalan Sudirman-Thamrin akan diberikan tergantung dari pelanggaran yang dilakukan.

"Tergantung pelanggarannya juga, kalau melintas tanpa surat-surat, bakal dikandangkan," tuturnya.

Setidaknya, ada tiga trayek yang terkena dampak atas kebijakan tersebut. Yakni, Metromini S640 jurusan Pasar Minggu-Tanah Abang, Metromini P15 jurusan Senen-Setia Budi, dan Kopaja P19 jurusan Tanah Abang-Ragunan.

Andri pun menyebut pihaknya telah menyiapkan rute pengalihan tiga trayek tersebut.

Untuk trayek Metromini S640 (Pasar Minggu-Tanah Abang) akan dialihkan menjadi Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Stasiun Karet-Citywalk Sudirman-Sampoerna Strategic Square- ITC Kuningan-Mall Ambassador-Jalan Casablanca-Jalan Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-RS Medistra-Jalan Raya Pasar Minggu.

Kemudian, untuk trayek Metromini P15 (Senen - Setia Budi) dialihkan menjadi Senen-Jalan Kembang Pacar-Kanwil DJKN-Kwitang-Tugu Tani 2-Telkom-Balaikota-Jalan Merdeka Selatan-Jalan Lombok-Jalan Sultan Syahrir-Jalan Imam Bonjol-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof Dr Satrio-Jalan Karet Sawah-UKI

Lalu untuk trayek Kopaja P19 (Tn Abang- Ragunan) dialihkan menjadi Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Penjernihan-Manggala Wanabakti-TVRI-Jalan Asia Afrika-Mustopo-Jalan Hang Tuah-Jalan Raden Patah-Jalan Trunojoyo-Jalan Iskandarsyah-Jalan Wijaya 2-Jalan Darmawangsa 3-Jalan Prapanca Buntu-Arteri-Jalan Mutiara-Jalan Ampera Raya-Lingkar Luar Harsono RM-Terminal Ragunan. (wis)