Anies Ingat Sandi Saat Lepas Obor Asian Games 2018

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 16/08/2018 10:18 WIB
Anies Ingat Sandi Saat Lepas Obor Asian Games 2018 Anies lepas obor Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas obor Asian Games 2018 di Balai Kota Jakarta untuk kemudian dibawa kirab keliling Jakarta. Usai acara pelepasan obor, Anies mengungkapkan jika seharusnya yang melepas obor tersebut adalah wakil gubernur.

"Harusnya pagi ini yang melepas wagub," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (16/8).

Namun, kata Anies, karena jabatan wagub kosong setelah ditinggalkan oleh Sandiaga Uno, maka dirinyalah yang harus melepas obor Asian Games tersebut.


Padahal, lanjutnya, dari jadwal yang telah direncanakan, ia selaku Gubernur hanya akan bertugas menerima obor di Balai Kota. Kemudian, yang melepas obor untuk kirab adalah wakil gubernur.

"Jadi malam yang menerima gubernur menurut jadwal pagi yang melepas wagub," ujarnya.


Menurut Anies hal itu menjadi salah satu bukti di mana dirinya tak lagi bisa melakukan disposisi agenda kepada wakil gubernur.

"Salah satu contoh tidak ada wagub, tidak bisa ada ada disposisi perwakilan. Jadi saya jalankan dua-duanya," tutur Anies.

Anies menyerahkan obor Asian Games yang telah menginap semalam di Balai Kota Jakarta. Dalam pelepasan tersebut, Anies menyerahkan kembali obor Asian Games kepada Sekjen Inasgoc Eris Herryanto yang kemudian diserahkan kepada Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarruddin.

Nantinya, obor Asian Games diserahkan kepada Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Megantara di Masjid Akbar Kemayoran sebagai titik pertama kirab obor Asian Games hari ini.


Anies mengatakan kirab obor Asian Games di Jakarta menjadi akhir dari rangkaian kirab obor yang sebelumnya telah melakukan kirab di sejumlah wilayah Indonesia.

Ia juga menyebut dengan akhir dari rangkaian kirab obor ini, juga sebagai bukti jika Jakarta siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Jakarta siap dan insyaallah dua hari ke depan situasi kondusif sehingga pembukaan Asian Games bisa berjalan dengan lancar," kata Anies.

Rute kirab obor Asian Games akan dimulai dari Masjid Akbar Kemayoran, silang barat Daya Monas, Kantor Kelurahan Tanah Sereal, RPTRA Kalijodo, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, dan GOR Sunter.

Kemudian pada Jumat (17/8) rute kira obor Asian Games mulai dari GOR Sunter, Mall ABC Ancol, Pulau Untung Jawa, dan Monas Barat Daya.

Lalu di hari Sabtu (18/8), kirab obor Asian Games dimulai dari Monas menuju GBK Senayan untuk nantinya digunakan untuk upacara pembukaan Asian Games 2018.


Terkait penyataan Anies yang masih mengungkit nama Sandi, Anies sebelumnya sempat mengaku kerepotan setelah jabatan wakil gubernur ditinggalkan oleh Sandi.

Kerepotan itu, kata Anies khususnya terkait agenda-agenda yang berhubungan dengan kegiatan olahraga, sebab selama ini agenda tersebut selalu ia limpahkan pada Sandi.

"Ada jadwal yang lari-lari biasanya saya titipin bang Sandi, ada lari, berenang, sekarang saya mau titipin siapa coba," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (14/8).

Sandiaga Uno telah mengundurkan diri dari jabatan wakil gubernur karena maju dalam Pilpres 2019 sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

(DAL)