Jaring Kali Item Tetap Dipasang Meski Asian Games Selesai

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 10:44 WIB
Jaring Kali Item Tetap Dipasang Meski Asian Games Selesai Petugas membenahi wearing yang menutup Kali Item depan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta (20/7). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski Asian Games 2018 sudah usai, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum akan mencabut waring atau jaring berwarna hitam di atas Kali Item yang berada di samping Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan mengatakan sampai saat ini dirinya belum menerima perintah dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencopot jaring tersebut.

"Belum ada perintah dari Gubernur," kata Teguh saat dikonfirmasi, Senin (3/9).


Selain pemasangan jaring, Teguh juga menyebut pemakaian nano bubble untuk mengurangi bau Kali Item juga akan tetap dilakukan.

Rencananya, kata Teguh, pemasangan jaring di atas Kali Item tersebut tetap akan dilakukan hingga pelaksanaan Asian Para Games pada 6-13 Oktober 2018.

"Iya tetap lanjut [sampai Asian Para Games]," imbuhnya.

Pihaknya baru akan melakukan evaluasi soal waring di Kali Item itu usai perhelatan Asian Paragames 2018.

Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memasang waring atau jaring berwarna hitam di atas Kali Item tujuannya untuk mengurangi bau tak sedap.

Sebelumnya, pemasangan jaring tersebut sempat menuai pro kontra dari berbagai pihak.

Selain memasang jaring, Pemprov juga menggunakan alat nano bubble serta cairan penghilang bau untuk mengurangi bau tidak sedap yang dihasilkan Kali Item.

(arh/sur)