Tanpa Sandi, Anies Tetap Lanjutkan Rumah DP Nol Rupiah

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Kamis, 06/09/2018 16:11 WIB
Tanpa Sandi, Anies Tetap Lanjutkan Rumah DP Nol Rupiah Gubernur Anies Baswedan menyebut rumah DP nol rupiah merupakan program prioritas bersama Sandiaga Uno sejak masa Pilgub DKI 2017 lalu. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim program rumah dengan down payment atau DP nol rupiah terus berjalan. Sebab DP nol rupiah merupakan program andalannya bersama Sandiaga Uno sejak masa Pilgub DKI 2017 lalu. Atas dasar itu, walaupun ditinggal Sandiaga yang memilih jadi peserta Pilpres 2019, Anies menegaskan tetap melanjutkan program hunian murah tersebut.

"Itu jalan terus, itu program prioritas kok, dan saya sampaikan itu didebat dulu bulan Januari saya sampaikan," kata Anies di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (6/9).

Anies menyebut kurang ramainya pemberitaan ataupun informasi soal rumah DP nol rupiah tak berarti menjadi tanda program tersebut berhenti.


"Kalau tidak tidak mengumumkan bukan berarti tidak ada, jalan terus. Dan justru kalau kita banyak berkabar, apa yang dikerjakan?" ujarnya.

Kendati demikian, Anies masih belum memberi kepastian soal kapan rumah DP nol rupiah akan mulai dijual kepada masyarakat. Ia hanya menyebut ketika semuanya sudah siap, maka akan segera dikomersilkan kepada masyarakat.

Terlepas itu semua, Anies mengungkapkan rumah DP nol rupiah tersebut berawal dari pengalaman pribadinya saat pertama kali pindah di Jakarta.

"Kalau dulu tidak ada support tanpa DP mana mungkin saya bisa punya rumah, jadi dari pengalaman pribadi itu, saya merasa banyak sekali nanti yang akan mendapat solusi yang sama," tutur Anies.


Sebelumnya, Anies sempat mengungkapkan hingga saat ini setidaknya ada 49 persen warga Jakarta yang masih menyewa tempat tinggal alias mengontrak. Atas dasar itu, sambungnya, Pemprov DKI menyiapkan program DP nol rupiah untuk mengatasi maslahah hunian di Jakarta.

"49 persen penduduk DKI ngontrak, minjam tempat," kata Anies saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/9).

Rumah DP nol rupiah memang menjadi salah satu program yang dijanjikan Anies saat masa kampanye Pilgub DKI 2017 silam.

Hingga saat ini, baru ada dua lokasi untuk pembangunan rumah DP nol rupiah, yakni di Pondok Kelapa, Jakarta Timur berbentuk hunian vertikal dan di Rorotan, Jakarta Utara berbentuk rumah tapak. (osc/kid)