HUT Demokrat, SBY Bakal Pidato Soal Politik Beradab

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 17:54 WIB
HUT Demokrat, SBY Bakal Pidato Soal Politik Beradab Kepala Divisi Advokasi Partai Demokrat mengatakan tema yang diangkat dalam pidato SBY itu adalah 'Utamakan Rakyat dan Bangun Politik yang Beradab. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhono (SBY) bakal menyampaikan pidato politik pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun partainya, Senin (17/9) malam.

Kepala Divisi Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan tema yang diangkat dalam pidato SBY itu adalah 'Utamakan Rakyat dan Bangun Politik yang Beradab'. Ferdinand mengatakan pidato tersebut secara keseluruhan bakal membahas isu-isu nasional terkini.

"Rakyat yang utama bukan kekuasaan. Politik beradab tidak menggunakan fitnah," ujar Ferdinand kepada CNNIndonesia.com saat ditanya terkait pidato SBY nanti malam, Senin (17/9).



Rencananya pidato politik SBY itu bakal digelar di Djakarta Theater, Thamrin, Jakarta Pusat. Di gedung yang sama, putra sulung SBY yang juga Komandan Komando Tugas Bersama (Kogasma) Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pernah menyampaikan orasi politik pada 3 Agustus 2018.

Untuk Pidato Politik yang akan dilakan SBY pada malam nanti, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan pihaknya tidak akan mengundang partai lain, baik dari kubu koaliasi maupun lawan pada Pilpres 2019. Hinca menegaskan itu hanya agenda internal partainya saja.

"Kami enggak mengundang partai koalisi, kalau pers selalu sahabatnya Demokrat," ujar Hinca kepada wartawan saat ditemui di Gedung Dewan Pers, Jakarta.

Hinca mengatakan masyarakat bisa menikmati pidato tersebut karena bakal disiarkan oleh salah satu stasiun televisi pada pukul 19.00 WIB nanti.

Sebelumnya lewat akun Twitternya, pada hari ulang Tahun Demokrat yang jatuh 9 September 2018, SBY mengajak seluruh kadernya untuk membantu mengatasi kesulitas rakyat.

"Hari ini, 9 September 2018, Partai Demokrat genap berusia 17 tahun. SBY, penggagas berdirinya partai ini, bertekad dan menetapkan Partai Demokrat sebagai Partai Tengah dan Partai Modern, berpaham Nasionalis - Religius dan berdasarkan Pancasila & Bhinneka Tunggal Ika," kata SBY dalam akun twitternya, Minggu (9/9).

Sementara itu, berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, untuk melaksanakan pidato politik, SBY sudah datang di gedung tersebut.

(SAH/kid)