Taufik Gerindra Belum Cabut Laporan atas KPU DKI di Polisi

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 21:19 WIB
Taufik Gerindra Belum Cabut Laporan atas KPU DKI di Polisi Kabid Humas Polda Metro Jay Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, di Jakarta, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima pencabutan laporan yang dilayangkan oleh politikus Partai Gerindra M Taufik terhadap tujuh Komisioner KPU DKI Jakarta.

"Masih penyelidikan," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (25/9).

Lantaran demikian, Argo mengatakan pihaknya akan tetap melakukan tahap-tahap penyelidikan untuk menentukan apakah pihak terlapor masuk dalam kategori tindak pidana atau tidak.


Nantinya, polisi juga akan melakukan klarifikasi dari pihak pelapor dan terlapor. Setelah itu gelar perkara pun akan dilakukan.

"Nanti setelah kita lakukan klarifikasi kita gelar apakah kasus yang dilaporkan itu pidana atau bukan, kalau bukan pidana ya kita hentikan penyelidikan itu, kalau pidana ya kita lanjutkan. Yang penting kita masih dalam tahap penyelidikan dulu," ucapnya.

Pada Senin (10/9), Taufik melalui kuasa hukumnya Yupen Hadi melaporkan tujuh Komisioner KPU DKI Jakarta ke Polda Metro Jaya. KPU DKI Jakarta dinilai telah merampas hak konstitusional Taufik karena KPU tak memasukan namanya ke daftar calon legislatif.

KPU mendasarkan keputusannya kepada Peraturan KPU (PKPU) yang melarang eks napi kasus korupsi menjadi caleg. 

Namun, Mahkamah Agung memutuskan mantan koruptor berhak maju di Pemilu 2019 usai putusan uji materi PKPU itu. Taufik lantas mengklaim telah mencabut laporan yang dilakukannya.

Selain Polda Metro Jaya, Taufik melaporkan KPU DKI ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Bawaslu DKI.

(gst/arh)