Pencuri Kotak Amal Bermobil Pajero Disebut Hidup Berkecukupan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 02:30 WIB
Pencuri Kotak Amal Bermobil Pajero Disebut Hidup Berkecukupan Ilustrasi penangkapan. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- MM (42), warga Bekasi yang dituding mencuri kotak amal di masjid kawasan Rumah Makan Beda Rasa, Kampung Teureup, Desa Sukaasih, Kecamatan Pasar Kemis, Tangerang, disebut hidup berkecukupan. Ia sempat membantah tudingan itu.

Kasusnya menjadi viral di media sosial lantaran disebut mencuri sebuah kotak amal, Selasa (18/9). Saat mencuri itu, MM terlihat mengendarai mobil hitam jenis Pajero. MM pun ditangkap polisi pada Senin (24/9).

"Meski tersangka membantah, namun dari bukti petunjuk rekaman CCTV dan juga keterangan saksi mata, mengarah kepada tersangka sebagai pelakunya," ujar Kapolres Kota Tangerang Kombes Sabilul Alif melalui keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (26/9).
Sabilul mengatakan saat ditangkap di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat, baru diketahui jika MM merupakan tunawicara. Pria asal Lampung itu pun tinggal seorang diri dan merupakan pengangguran.

Meskipun pengangguran, kata Sabilul, MM merupakan orang yang hidupnya berkecukupan. Dia pun selalu mendapatkan kiriman uang dari orang tuanya di Lampung untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

"Menurut pengakuan tersangka, mobil Pajero itu miliknya. Ia juga mengakui bahwa ia bukan berasal dari kalangan yang kekurangan," tuturnya.

Sabilul mengatakan saat ini MM masih diperiksa. Polisi juga akan memanggil orangtua MM untuk menelusuri latar belakangnya.

Dari aksi yang dilakukannya, MM dijerat dengan Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara.


(gst/arh)