FOTO: Sablon dan Berkah Pesta Demokrasi 2019

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Kamis, 27/09/2018 18:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kampanye pemilu yang berlangsung hingga April 2019 menjadi berkah bagi pelaku industri sablon lewat pesanan atribut dari berbagai parpol, caleg, hingga capres.

Kampanye Pileg Pilpres yang berlangsung hingga April 2019 menjadi berkah bagi pelaku industri sablon. Termasuk pengusaha sablon kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan yang menerima ribuan pesanan atribut kampanye dari berbagai partai politik. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Kaos kampanye dari kandidat caleg dikerjakan secepat mungkin sesuai pesanan. Pesanan mengalir dari berbagai wilayah di Indonesia seperti dari Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan sebagainya. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Biasanya pemesan langsung menghubungi pelaku industri sablon melalui telepon maupun pesan singkat. Jika sudah cocok kualitas pembuatan dan harga, pemilik usaha sablon langsung mengerjakan pesanan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Di sudut ruangan lainnya, sejumlah pekerja menyelesaikan sablonan bendera partai. Bendera pesanan tersebut akan disiapkan pengusung pasangan capres cawapres untuk kampanye nantinya.(CNNIndonesia/Safir Makki)
Bendera yang telah disablon kemudian dijemur beberapa jam. Masa kampanye Pemilu 2019 akan dilaksanakan mulai tanggal 23 September 2018 hingga 13 April 2019.(CNNIndonesia/Safir Makki)
Para pekerja bekerja keras menyelesaikan ribuan pesanan kaos dan bendera yang akan digunakan untuk kampanye nanti. Ajang pilkada dan pilpres merupakan berkah bagi pelaku industri sablon. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Mendekati masa kampanye, pesanan kaos dan bendera kampanye semakin banyak. Kaos pesanan dari kandidat caleg maupun capres cawapres biasanya dibagi-bagikan saat kampanye terbuka. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Pak Sakun, pemilik usaha sablon mengemas kaos ke dalam karung untuk dikirim ke pemesan di Sulawesi Utara. Menurutnya, sudah ada pesanan baru lagi dari berbagai partai dan perseorangan yang harus mereka kerjakan dalam waktu yang cepat. (CNNIndonesia/Safir Makki)