KPK Jemput Bupati Bekasi Tersangka Suap Izin Meikarta

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/10/2018 22:30 WIB
KPK Jemput Bupati Bekasi Tersangka Suap Izin Meikarta Wakil ketua KPK La Ode M Syarief. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan sembilan orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pemberian hadiah atau janji pada Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di wilayah Kabupaten Bekasi.

Juru bicara KPK Febri Diansyah memastikan saat ini pihaknya sudah mengirim tim untuk menjemput Neneng.

"Tim sudah melakukan penjemputan dan sedang menuju KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Febri kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (15/10).



Selain itu, Febri juga menegaskan ada pasal alternatif yang akan digunakan untuk menjerat Bupati Bekasi Neneng dengan pasal 12 huruf B UU nomor 31 tahun 1999 karena diduga terlibat kasus lain selain suap Meikarta.

"Diduga ada penerimaan lain selain kasus Meikarta," tegas Febri.

Sebelumnya, KPK mengatakan Bupati Bekasi Neneng dan pihak yang diduga sebagai penerima disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 atau pasal 12 B UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan kourpsi sebagaiamana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP juncto pasal 64 ayat (1) KUHP.
(bin/ugo)