Setahun Anies Baswedan

Pemprov DKI Jakarta Klaim 31 'Prestasi' di Era Setahun Anies

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 16/10/2018 13:31 WIB
Pemprov DKI Jakarta Klaim 31 'Prestasi' di Era Setahun Anies Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, di Jakarta, 21 Agustus. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim 31 hasil kerja dalam setahun masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Beberapa di antaranya termasuk janji kampanye pada Pilkada DKI 2017.

"Dalam rangka satu tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan, beberapa hari ke depan, kita akan mengulas apa saja yang sudah dikerjakan Pemprov DKI Jakarta selama setahun Ini," demikian cuit akun Twitter @DKIJakarta, pada Selasa (16/10).

Sebagian dari 31 klaim 'prestasi' itu adalah program-program populer dan juga janji kampanye. Di antaranya menghentikan reklamasi Teluk Jakarta sekaligus jadi urutan pertama daftar tersebut.


"Pemprov DKI Jakarta mencabut izin 13 pulau reklamasi di teluk Jakarta, sekaligus terus memastikan reklamasi dihentikan. Pulau yang sudah ada akan dikelola untuk kepentingan masyarakat," tulis akun Pemprov DKI tersebut.


Kedua, peluncuran program rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah yang bertajuk Solusi Rumah Warga (Samawa).

"Dengan adanya program rumah DP 0 ini, setiap warga Jakarta bisa mewujudkan mimpinya untuk mempunyai rumah sendiri," klaim Pemprov.


Ketiga, peluncuran sarana transportasi terintegrasi Jak Lingko, yang merupakan hasil perubahan One Karcis One Trip (OK Otrip). Menurut Pemprov, 11 operator bus kecil bergabung dalam program yang telah melayani 33 trayek itu.

"Pada bidang transportasi, Pemprov DKI Jakarta telah meluncurkan program Jak Lingko sebagai sistem integrasi transportasi yang aman dan nyaman di Jakarta. Nantinya, bus kecil, sedang, besar, MRT, LRT, KRL, tersambung dan memudahkan kita berpindah".


Keempat, perluasan manfaat Kartu Jakarta Pintar (KJP) menjadi KJP Plus. Pemprov mengaku sudah memberikan KJP Plus kepada 805 ribu siswa di DKI Jakarta.

"Selama satu tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan, pada bidang pendidikan, Pemprov DKI Jakarta telah memperluas manfaat KJP Plus," tutur Pemprov DKI.

Kelima, membangun jembatan pengubung atau skybridge di Tanah Abang.

Keenam, peserta Jaminan Kesehatan Semesta DKI Jakarta mencapai 98 persen, melebihi target nasional sebesar 95 persen.

Ketujuh, membangun fasilitas publik ramah disabilitas berupa trotoar dan penyeberangan sebidang atau pelican crossing.

Selain itu, masih ada 24 prestasi lainnya yang diklaim oleh Pemprov DKI. Namun, rangkaian klaim prestasi itu belum memasukkan realisasi sejumlah janji kampanye seperti legalisasi becak di Jakarta.

onton juga video: Satu Tahun Gubernur Anies Baswedan di Mata Warga DKI
[Gambas:Video CNN] (arh/sur)