Mayoritas Pengusaha HIPMI dan KADIN Diklaim Dukung Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 01:42 WIB
Mayoritas Pengusaha HIPMI dan KADIN Diklaim Dukung Jokowi Ketua Tim Kampanye Nasional Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Tohir, di Monas, Jakarta (23/9). (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, menyebut mayoritas pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Kamar Dagang (KADIN) mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Ya, sepengetahuan saya [mayoritas mendukung]. Alhamdulillah yah," kata dia, usai menghadiri acara puncak HUT Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (21/10).

Ketua Kadin Roslan Roeslani dan Ketua Hipmi Bahlil Lahqdia sendiri sebelumnya telah menyatakan secara resmi mendukung Jokowi di pertarungan Pilpres 2019.

Meski begitu, Erick menyebut sikap politik yang ditunjukan keduanya tidak merujuk pada organisasi yang mereka pimpin. Sikapnya itu murni sebagai pilihan individu.

Dukungan mereka, katanya, diberikan lantaran telah melihat rekam jejak Jokowi.

"Kenapa sahabat-sahabat ini yakin [dukung Jokowi] karena tadi track record-nya yang capres sendiri, Pak Jokowi, sudah buktikan beliau sangat concern ekonomi," kata Erick.

"Ekonomi kerakyatan harus dipertahankan dan ke depan ekonomi umat juga harus diperhatikan," lanjut Erick.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo mengklaim banyak pengusaha yang sebelumnya mendukung Jokowi pada Pilpres 2014 kini beralih mendukung Prabowo.

"Terus terang saya kaget begitu banyak orang yang dulu dukung Jokowi-JK sekarang berbalik arah khususnya pengusaha Tionghoa banyak sekali. Banyak pengusaha, pedagang yang dulu dukung pak Jokowi sudah ganti pilihan," kata Hashim kepada CNNIndonesia.com, di Jakarta, Kamis (4/10).




(tst/arh)