Syaikhu Belum Direncanakan Sowan ke Ketua DPRD DKI

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/10/2018 05:04 WIB
Syaikhu Belum Direncanakan Sowan ke Ketua DPRD DKI Politikus PKS Ahmad Syaikhu. (Detikcom/Dikhy Sasra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapat informasi soal rencana pertemuan antara calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diajukan PKS Ahmad Syaikhu dengan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

Sebelumnya, calon wagub dari PKS lainnya, yakni Agung Yulianto, dan calon wagub dari Partai Gerindra Mohammad Taufik telah bertemu dengan Prasetio.

"Sampai kemarin sih belum [ada rencana pertemuan]," kata Suhaimi saat dikonfirmasi, Selasa (23/10).


Suhaimi menuturkan sebenarnya fraksi hanya sekedar memfasilitasi saja jika calon wagub memang memiliki rencana untuk berkeliling atau berkomunikasi dengan pihak-pihak lain.

Sedangkan untuk rencana pertemuan dengan pihak lain, kata Syaikhu diatur atau diurus oleh DPW PKS.

"Kalau pak Syaikhu mau keliling ke mana tinggal kita jalani saja, fraksi nemenin," ujarnya.

Sekretaris Umum DPW PKS DKI yang juga kandidat Wagub DKI Agung Yulianto (kemeja biru) usai bertemu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di Menteng, Jakarta, Selasa (25/9).Sekretaris Umum DPW PKS DKI yang juga kandidat Wagub DKI Agung Yulianto (kemeja biru) usai bertemu Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di Menteng, Jakarta, Selasa (25/9). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Lebih dari itu, Suhaimi menyebut jika PKS berkeinginan agar proses pengisian jabatan wagub bisa segera selesai, sehingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak lagi sendiri dalam memimpin Jakarta.

Kendati demikian, sambungnya, PKS masih menunggu pihak Gerindra soal siapa nama calon wagub yang nantinya diusulkan untuk menduduki jabatan DKI 2.

"Secara aturannya itu kan dua orang itu diusung oleh partai pengusung, dalam konteks ini dua partai, PKS dan Gerindra. Jadi ya itu, yang ditunggu ya itu," tuturnya.

Pada 25 September lalu sejumlah anggota DPW PKS DKI Jakarta menyambangi rumah dinas Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi di kawasan Menteng.

Rombongan tersebut terdiri dari Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurahman Suhaimi, Ketua DPW PKS DKI Shakir Purnomo, serta Sekretaris Umun DPW PKS DKI yang juga kandidat wagub Agung Yulianto.

Saat itu, Suhaimi mengaku pertemuan tersebut memang dalam rangka untuk memperkenalkan kandidat wagub yang diusung oleh PKS. "Nanti semuanya akan dikenalkan dan silaturahmi," ujarnya.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik bertemu dengan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Selasa (16/10).Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik bertemu dengan Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi di Jakarta, Selasa (16/10). (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Kemudian, pada 16 Oktober lalu giliran Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik yang menyambangi rumah dinas Prasetio. Kedatangannya itu, menurut Taufik dalam kapasitas sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta menggantikan Sandiaga Uno.

"Saya sowan, lah, sowan ke pak ketua [Prasetio]. Kan, Gerindra mencalonkan saya sebagai cawagub jadi saya silaturahmi kepada ketua," kata Taufik.

Diketahui, proses pengangkatan wakil gubernur DKI baru pengganti Sandiaga Uno itu akan diproses di DPRD DKI.

(dis/arh)