Ma'ruf Kunjungi Basis Prabowo, Sandiaga ke 'Kandang' PDIP

CNN Indonesia | Jumat, 26/10/2018 08:20 WIB
Ma'ruf Kunjungi Basis Prabowo, Sandiaga ke 'Kandang' PDIP Cawapres Ma'ruf Amin (tengah), di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (24/9). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin akan mengunjungi wilayah basis massa calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, yakni Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (26/10). Sementara, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berkeliling di wilayah basis massa  PDIP, Jawa Tengah.

Pada Pemilihan presiden 2014 silam, Prabowo bersama calon wakil presiden Hatta Radjasa ketika itu menang telak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan meraih suara 72,45 persen. Sedangkan dalam pemilihan legislatif, PDIP meraih 4.295.598 suara di Jawa Tengah. Partai berlambang banteng itu menempati urutan teratas perolehan suara di Jateng. 

Berdasarkan agenda kegiatan yang dipublikasikan oleh Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Ma'ruf mengawali agenda dengan mengunjungi Pesantren Darun Nahdlatain Nahdhatul Wathan Pancor, di kawasan Lombok Timur.


Pesantren tersebut dimiliki oleh mantan Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi. TGB sendiri telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Di tempat itu, Ma'ruf bakal bersilaturahmi dengan pimpinan dan ribuan jamaah serta santri pondok pesantren yang ditutup dengan ziarah makam

"Silaturahim dengan pengurus dan keluarga besar NW Pancor dan 3000 jamaah serta santri sekaligus ziarah makam pada pukul 09.40-11.40 WITA," mengutip agenda kegiatan Ma'ruf yang dipublikasi timsesnya.

Usai mengunjungi Ponpes Darun Nahdlatain, Mantan Rais Aam PBNU itu bergeser sekitar 8 KM ke arah barat laut atau tepatnya ke Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan (NW) Anjani yang terletak di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur.

Eks Gubernur NTB Muhammad Zeanul Majdi alias Tuan Guru Bajang, di Jakarta, 19 September.Eks Gubernur NTB Muhammad Zeanul Majdi alias Tuan Guru Bajang, di Jakarta, 19 September. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Di Ponpes pimpinan Sitti Raihanun Zainuddin Abdul Madjid itu, Ma'ruf dijadwalkan untuk bersilaturahmi dengan jajaran pimpinan dan para santri sekitar pukul 13.20 - 15.30 WITA.

Pada malam harinya, Ma'ruf dijadwalkan hadir di acara silaturahmi dan makan malam bersama para relawan yang mengatasnamakan Gerakan Cinta Kiai dan Ulama.

Acara itu bakal dihelat di Hotel Shantika, Mataram pada pukul 19.00-21.00 WITA.

Sebelumnya, Sekretaris Jendral Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus telah mengatakan bahwa Ma'ruf memiliki tugas untuk merebut suara di beberapa kantong wilayah dimana pasangan Jokowi-Jusuf Kalla keok pada Pilpres 2014 lalu, salah satunya di NTB

Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Hatta Rajasa (ketiga kiri).Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Hatta Rajasa (ketiga kiri), bersama para petinggi parpol Koalisi Merah Putih pada Pilpres 2014. (CNN Indonesia/Sisi Noor Aspasia)
Lodewijk menilai sebagian besar wilayah NTB memiliki karakter basis pemilih muslim terbesar di Indonesia.

"Provinsi-provinsi dimana pak Jokowi kalah, Aceh, Banten, Jabar, Gorontalo, NTB, kan kalau kita liat itu basis Islam, dan insyaallah Pak Ma'ruf bisa," kata Lodewijk beberapa waktu lalu.

Kandang Banteng

Terpisah, Sandiaga Uno, pada Jumat (26/10), masih menjalani kampanye di Jawa Tengah yang dikenal sebagai basis massa parpol berlambang banteng, PDIP. Di daerah ini, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 unggul telak dari prabowo-Hatta dengan raihan 66,65 persen berbanding 33,35 persen.

Sandi kali ini dijadwalkan untuk berdialog dengan petani di Lapak Bawang Merah Larangan, Jawa Tengah. Usai berdialog dengan Petani, Sandi akan menghabiskan hari-hari terakhirnya di Jawa Tengah dengan senam bersama emak-emak dan berdialog dengan kaum milenial.

Sementara, pasangannya Prabowo Subianto tak memiliki agenda publik. Namun, menurut kabar Prabowo akan ada di kediamannya di Jl Kertanegara, Jakarta. untuk menemui sejumlah tamu.

Sejak kemarin, Prabowo memang tak melakukan agenda publik apapun. Sedangkan Sandi berkeliling Jawa Tengah dengan ditemani Caleg dari Partai Gerindra Sudirman Said, yang juga pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2017.
(rzr/tst)