Hari Ketiga, Total 56 Kantong Jenazah Dikirim ke RS Polri

CNN Indonesia | Rabu, 31/10/2018 21:54 WIB
Hari Ketiga, Total 56 Kantong Jenazah Dikirim ke RS Polri Kantong jenazah dievakuasi oleh tim SAR ke Posko Utama Basarnas di JICT 2 dan langsung dibawa ke RS. Polri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 56 kantong jenazah korban insiden pesawat Lion Air JT-610 telah ditemukan Tim SAR Gabungan dan dikirim ke Rumah Sakit Bhayangkara Said Sukanto Polri, Kramatjati, Jakarta Timur sampai hari ketiga pencarian.

"Kantong jenazah 56 dikirim ke Rumah Sakit Polri pada pagi sampai malam hari," kata Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayor Jenderal Nugroho Budo Wiryanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat pada Rabu (31/10).

Ia menuturkan upaya pencarian pada hari ketiga belum berhasil menemukan bangkai pesawat Lion Air JT-610, meskipun pihaknya telah mendapatkan sejumlah tanda-tanda seperti suara 'ping' yang diduga berasal dari kotak hitam atau black box pesawat.


"Dari pengecekan menunjukkan tanda-tanda, setelah dicek hanya bangkai kapal dan setelah dicek lagi hanya terumbu karang. Ada beberapa tempat tapi tidak menunjukan tanda bangkai pesawat," ucap Nugroho.

Lebih dari itu, dia menyampaikan Tim SAR Gabungan akan memfokuskan pencarian di sekitar area tempat tanda-tanda keberadaan bangkai pesawat diperoleh.
Menurutnya, pencarian akan dilakukan dengan menggunakan Ping Locator Beacon dan Robotly Underwater Vehicle (ROV).

Pihaknya, lanjut dia, juga akan kembali menerjunkan tim penyelam di sekitar lokasi.

"Pencarian hari keempat fokus terhadap lokasi yang diduga bagian dari pesawat," tuturnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan kembali melanjutkan upaya pencarian korban. Nugraho berkata, upaya pencarian akan ditempuh dengan empat cara yaitu melalui udara dengan helikopter, menyisir permukaan air dengan kapal, serta melihat ke bawah air dengan menerjunkan tim penyelam dan menggunakan eco sounder plus sonar.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar sebelumnya menyatakan pihaknya telah mendeteksi benda yang diduga badan atau bodi pesawat Lion Air JT-610 di Perairan Tanjung Pakis.

Tim SAR Gabungan tengah mengecek dugaan itu dengan menerjunkan tim penyelam.

"Objek yang diperkirakan, kami tidak boleh menduga. Hasilnya akan kita tunggu, yang diperkirakan bagian besar dari target yang kita cari, bodi pesawat. Ini kita tunggu dan sedang dalam proses pencarian," kata Didi.
(ugo/ugo)