Polisi Terima Surat Pemberitahuan Aksi Bela Tauhid II

CNN Indonesia | Kamis, 01/11/2018 20:01 WIB
Polisi Terima Surat Pemberitahuan Aksi Bela Tauhid II Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya telah menerima surat pemberitahuan soal rencana Aksi Bela Tauhid Jilid II yang akan digelar Jumat (2/11) di depan Istana Negara, Jakarta. Dalam surat pemberitahuan tersebut massa yang akan hadir diperkirakan berjumlah 10 ribu orang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan pihaknya akan menyusun pengamanan yang akan diterjunkan untuk mengawal aksi tersebut. Namun dia belum dapat memastikan jumlah personel yang akan diterjunkan nantinya.

"Dari surat pemberitahuan yang masuk ke kami (massa) 10 ribu," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (1/11).



Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan pengamanan arus lalu lintas juga telah disiapkan. Rekayasa arus lalin telah direncanakan tetapi untuk penerapannya masih bergantung pada situasi di lapangan.

Jika kegiatan tersebut dinilai tidak menghambat arus lalin maka pengalihan pun tidak dilakukan.

"Kita kurang lebih ada 750 personel, (rapat) rekayasa sudah, sifatnya situasional kalau sifatnya tidak terlalu mengganggu kegiatan masyarakat sedapat mungkin tidak melakukan pengalihan," ujarnya.

Yusuf pun berharap situasi tetap tertib selama aksi berlangsung.

Aksi tersebut merupakan lanjutan dari aksi yang telah digelar pada Jumat (26/10) lalu di depan kantor Kemenkopulhukam.

Massa yang mengatasnamakan Presidium Alumni (PA) 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF U), memastikan tetap turun pada Aksi Bela Tauhid Jilid II. Aksi dipastikan terpusat di halaman depan Istana Negara, Jakarta.

"Dipusatkan di depan Istana Negara, dari Masjid Istiqlal terus ke istana," ujar Sekretaris Umum PA 212, Bernard Abdul Jabbar saat dihubungi CNNIndonesia.com.

(ugo)