Warga Jakarta Boleh 'Cicipi' MRT Saat Uji Coba

CNN Indonesia | Selasa, 06/11/2018 15:08 WIB
Warga Jakarta Boleh 'Cicipi' MRT Saat Uji Coba Anies Baswedan (kiri) memastikan warga DKI Jakarta bersiap menyapa Moda Raya Terpadu (MRT). Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan akan memberi kesempatan bagi warga Jakarta untuk mencoba kereta Moda Raya Terpadu (MRT) pada Januari 2019. Anies menegaskan, kesempatan itu nantinya diberikan dalam uji coba terbatas.

Menurut Anies, uji coba terbatas itu dilakukan agar warga Jakarta bisa menikmati layanan MRT sebelum diresmikan pada pertengahan tahun depan.

"Jadi belum dibuka secara umum tapi masyarakat diundang untuk sekaligus juga simulasi," tutur Anies usai meninjau proyek MRT bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun MRT Bundaran HI, Selasa (6/11).



Untuk saat ini, kata Anies, uji coba MRT difokuskan pada sisi infrastruktur. Sedangkan uji coba terbatas dengan penumpang tersebut, sambungnya, bertujuan untuk menyiapkan para petugas dalam mengoperasikan MRT.

"Uji coba memaksa semua petugas itu terbiasa dengan ada penumpang, saat ini semua petugas bekerja tanpa ada penumpang semata mata untuk aspek infrastruktur," ujarnya.

Lebih dari itu, Anies menyampaikan jika progres pembangunan proyek MRT sampai saat ini telah mencapai 97,08 persen. Ia berharap proses pembangunan tersebut bisa terus disempurnakan hingga bulan Desember mendatang.

"Alhamdulillah sejauh ini progressnya sudah 97,08 persen dan kita akan teruskan ini sampai bulan Desember," katanya.


Di sisi lain, Direktur Utama PT MRT William Sabandar mengatakan untuk uji coba terbatas bagi penumpang pada Januari 2019 diperkirakan akan mengangkut 200 penumpang tiap perjalanannya. "Diperkirakan sekitar 200 per jalan," kata William.

Namun, untuk proses seleksi warga yang bisa mengikuti uji coba terbatas tersebut, William belum menjelaskannya. Proses seleksi tersebut akan diumumkan lebih lanjut.

Presiden Joko Widodo sebelumnya juga mengapresiasi perkembangan pembangunan MRT. "2019 mulai operasional uji coba. Saat tadi kami naik dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Suaranya dapat dikatakan tidak bising menurut saya bagus sekali," tutur Jokowi saat peninjauan.

Anies Beri Kesempatan Warga DKI 'Cicipi' MRT di Uji Coba TerbPresiden Jokowi saat meninjau proyek MRT. Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie


Saat uji coba, Jokowi didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edhie, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.

Jokowi berangkat dari Stasiun Bundaran HI sekitar pukul 09.05 WIB. Perjalanan sepanjang 16 KM itu ditempuh dalam 20-25 menit. MRT tiba di Stasiun Lebak Bulus dan kemudian melangsir ke arah Depo.

Jokowi mengatakan uji coba akan terus dilakukan hingga 2019. Persiapan disebut tinggal tiga persen. "Kami harapkan nanti pada tahapan kedua HI-Ancol akan dimulai awal tahun depan plus paralel kami harapkan yang east west-nya," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (dis/ain)