Ma'ruf Datangi Pesantren, Sandi Ziarah ke Makam Habib

CNN Indonesia | Kamis, 15/11/2018 08:49 WIB
Ma'ruf Datangi Pesantren, Sandi Ziarah ke Makam Habib Cawapres Ma'ruf Amin di Rumah Cemara, Jakarta, beberapa waktu allu. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin akan mengunjungi Pulau Batam, Kepulauan Riau sebagai rangkaian agenda kampanye sepanjang Kamis (15/11). Sementara, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno akan melakukan ziarah ke makam habib di Jakarta.

Agenda Ma'ruf, yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, di 'Kota Industri' dimulai dengan kegiatan silaturahmi bersama para kiai, ustaz, pengurus dan imam masjid se-Batam di Hotel Harmoni One pada pukul 09.00 WIB.

Pada siang harinya, Ma'ruf dijadwalkan untuk bertemu dan bersantap siang bersama Ketua DPD koalisi parpol pengusung dan pengurus Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Kepulauan Riau, di hotel yang sama.


Sekitar pukul 13.15 WIB, Ma'ruf akan menggelar silaturahmi dengan seluruh pengurus TKD Batam, relawan dan masyarakat Batam, di Posko TKD Kepulauan Riau, di area Graha Kadin Batam Center.

Setelah itu, Ma'ruf bakal bertolak menuju Pondok Pesantren Ummul Qurro yang terletak di Kecamatan Sei Beduk, Batam pada pukul 16.00 WIB untuk bersilaturahmi dengan pimpinan sekaligus para santri di ponpes tersebut.

Ma'ruf Datangi Pesantren, Sandi Ziarah ke Makam HabibFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Pada malam harinya, Ma'ruf masih memiliki agenda beramah tamah dan silaturhmi dengan masyarakat Batam di Hotel Harmoni One.

Provinsi Kepulauan Riau merupakan provinsi ketiga yang pernah disambanginya di kawasan Pulau Sumatera selama masa kampanye Pilrpes 2019. Sebelumnya, Ma'ruf sudah mengunjungi DI Aceh dan Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

Pada Pilpres 2014 lalu, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla unggul di Kepulauan Riau dengan 59,63 persen suara dibanding lawannya, Prabowo-Hatta Rajasa yang hanya meraih 40.37 persen suara.

Terpisah, Sandiaga Uno dijadwalkan akan melakukan ziarah ke makam dua pemuka agama di Jakarta. Ia memulai agendanya dengan mengunjungi makam Habib Abdurrahman Al Habsyi, di Jl. Kramat Raya, Cikini, Jakarta, pukul 11.30-12.30 WIB.

Setelah itu, Sandi dijadwalkan langsung berziarah ke makam Habib Ali Al Habsyi di Jl. Kembang Raya, Kwitang, Senen, Jakarta.

Diketahui, kedua habib itu merupakan penyebar agama di kawasan Jakarta dan memimpin Masjid Ar Riyadh Kwitang atau Jami Kwitang. Makam keduanya kerap dikunjungi sejumlah tokoh nasional.

Selain berziarah, Sandi juga dijadwalkan menjadi pembicara di dua acara yang digelar di Grand Galaxy Convention Hall (JEE Ballroom Group), Bekasi, dan di Mercantille athletice Club, Jakarta, pada sore harinya.

Sebelumnya, Sandiaga dikritik karena melangkahi makam tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Bisri Syansuri saat berziarah di Jombang, Jawa Timur. Sebagian pihak menyebuitnya tak punya etika dalam berziarah.

(dhf/tst)