Prabowo Sebut 2025 Air Laut Tanjung Priok Sampai Bundaran HI

CNN Indonesia | Rabu, 21/11/2018 14:32 WIB
Prabowo Sebut 2025 Air Laut Tanjung Priok Sampai Bundaran HI Prabowo Subianto saat mengadiri Indonesia Economic Forum di Jakarta. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memprediksi air dari pesisir Jakarta yang ada di kawasan Tanjung Priok akan masuk ke pusat kota pada tahun 2025 mendatang. Menurutnya ini adalah salah satu efek dari perubahan iklim.

"Diperkirakan air Tanjung Priok 2025 akan sampai pada Kempinski, Grand Hyatt, Bundaran HI," kata Prabowo saat memberikan pidato dalam acara Indonesia Economic Forum Jakarta, Rabu (21/11).

Hal ini dia perkirakan setelah mengamati kondisi iklim di dunia yang semakin rusak. Bahkan dampak kerusakan itu pun kata dia sudah mulai bisa dirasakan di Indonesia. 

Prabowo mengatakan akibat perubahan iklim, permukaan air laut semakin naik karena mencairnya es di Kutub Utara. Kenaikan air laut ini diperkirakan bertambah 50 cm per tahun.
Prabowo Sebut 2025 Air Laut Tanjung Priok Sampai Bundaran HIKawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

"Tidak lama lagi, kita lihat sekarang dengan climate change ada kekeringan di California dan saya kira, Indonesia tidak siap (dengan perubahan iklim)," kata Prabowo.

Fenomena inilah yang mulai terasa di Jakarta khususnya di kawasan pesisir seperti Tanjung Priok.


Prabowo sendiri mengaku sudah melihat secara langsung dampak dari perubahan iklim ini di Priok saat berkunjung ke sana.

Warga Priok menurutnya kini seperti tinggal di atas genangan air karena air laut sudah masuk ke dalam rumah mereka.

"Saya datangi mereka, di Tanjung Priok mereka hidup di tengah air," katanya.

Ia bahkan mengaitkan hal ini dengan dekatnya kawasan Priok dengan Istana Kepresidenan, yakni sekitar 1 jam perjalanan. "Nanti presiden harus jalan kaki, sebagai WNI saya sedih," katanya. (tst/sur)