Jokowi Akui Ia Orang Desa

CNN Indonesia | Sabtu, 24/11/2018 02:29 WIB
Jokowi Akui Ia Orang Desa Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo tanpa ragu menyatakan dirinya adalah orang desa. Menurutnya, desa masih ada dalam dirinya meski kini menjadi orang nomor satu di Indonesia dan kerap berkunjungan kerja ke luar negeri.

"Meski setiap dua bulan berkeliling negara lain dan bertemu duta besar kepala negara lain, ingatan saya tetap desa karena saya orang desa," kata Jokowi di Islamic Center Lampung Timur, Jumat (23/11).

Hal ini disampaikan di hadapan lebih dari 1.000 perangkat desa dalam acara evaluasi capaian dana desa. Para perangkat desa kemudian menyambut pernyataan Presiden dengan riuh tepuk tangan.


Ia kembali menyatakan meski sudah lama tinggal di Jakarta dan kini kadang di Bogor, desa tetap menjadi bagian hidupnya.

"Memang pergaulan pertama saya sejak kecil dengan orang desa, karakter itu tak bisa dihilangkan, dipungkiri. Saya akui. Ada yang bilang tampang ndeso enggak apa-apa karena saya orang desa," tuturnya.

Desa menjadi menjadi salah satu fokusnya. Hal itu terbukti dari penerbitan kebijakan dana desa sejak 2015, setahun setelah menjabat Presiden. Saat itu, ia menganggarkan Rp20,7 triliun ke 74.000 desa di Indonesia.

Anggaran itu ditingkatkan menjadi Rp40 triliun pada 2016, kemudian menjadi Rp60 triliun tahun lalu, dan akan kembali ditambah menjadi Rp70 triliun tahun depan.

"Itu karena kami ingin membangun dari pinggiran, dari desa. Ini yang ingin kami balik, membangun dari desa karena sebagian besar masy kita di desa-desa," ucap mantan Wali Kota Solo ini. (chri/eks)