Pemprov DKI Anggarkan Rp150 M untuk Perbaiki Kawasan Monas

CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 05:49 WIB
Pemprov DKI Anggarkan Rp150 M untuk Perbaiki Kawasan Monas Dari anggaran perbaikan Rp150 miliar, salah satunya akan digunakan untuk membersihkan bagian tugu Monas. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp150 miliar untuk perbaikan kawasan Monumen Nasional (Monas) pada APBD DKI 2019.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Asiantoro mengatakan anggaran tersebut akan digunakan untuk memperbaiki sejumlah fasilitas di Monas.

"Rp150 miliar ya termasuk untuk taman-tamannya semua, perawatannya," kata Asiantoro di Balai Kota Jakarta, Senin (10/12).



Selain perbaikan taman, rencananya diorama yang ada di dalam tugu Monas juga akan menjadi salah satu yang bakal diperbaiki.

Tak hanya itu, kata Asiantoro, rencananya juga akan dilakukan pembersihan bagian tugu Monas, sebab saat ini kondisinya sudah tampak kotor.

"Sekarang temboknya hitam-hitam, tahun lalu, dibersihkan seketika, tapi kinclongnya sebentar, (temboknya) kena air, jadi rusak," tuturnya.

Lebih dari itu, Asiantoro menegaskan anggaran tersebut tak digunakan untuk revitalisasi Monas. Ia menyebut anggaran Rp150 miliar tersebut merupakan biaya untuk perbaikan yang memang rutin dilakukan.

"Anggarannya untuk perbaikan itu yang rutin," ujar Asiantoro.

Perbaikan Monas yang paling menonjol terjadi pada 2014 silam. Kala itu, tim ahli dari Jerman ditugaskan guna membersihkan Monas. Setidaknya sebanyak 20 teknisi ahli dari Jerman dilibatkan untuk membersihkan tugu Monas pada Mei 2014 silam.

(dis/kid)