Paloh Klaim NasDem Tak Kalah dengan Parpol Umur Puluhan Tahun

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 02:09 WIB
Paloh Klaim NasDem Tak Kalah dengan Parpol Umur Puluhan Tahun Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yakin menyaingi partai lama di Pemilu 2019. (Akbar Nugroho Gumay)
Tuban, CNN Indonesia -- Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh optimistis partainya tidak akan kalah dengan parpol lama pada Pemilu 2019. Peningkatan suara diprediksi akan terjadi berdasarkan hasil Pemilu 2014 dan sejumlah pilkada. Meskipun, survei mengatakan ada kesulitan bagi partai ini untuk bersaing masuk ke parlemen.

"NasDem tidak kalah dengan partai lain yang lahirnya sudah puluhan tahun. Tujuh tahun membangun NasDem seakan baru berusia tujuh bulan," kata Surya saat acara Temu Kader di Tuban, Jawa Timur, Minggu (16/12).

Klaim itu dikatakan Surya, dengan menyodorkan data bahwa NasDem memiliki 36 anggota DPR RI serta banyak kadernya menjadi anggota dewan di DPRD provinsi, kabupaten dan kota. Selain itu, juga memiliki 8 gubernur, 4 wakil gubernur dan 196 bupati dan wali kota.


Menurutnya, tiga tahapan pilkada yang diikuti telah mematangkan NasDem sebagai salah satu parpol yang bisa diperhitungkan. "Itu salah satu tanda-tanda alam," ujar Surya Paloh.

Di hadapan ribuan kadernya, Surya Paloh juga mengatakan, di tahun politik ini ada banyak tugas berat yang harus dihadapi dalam mempersiapkan pemilu serentak.

Sejumlah artis hadir untuk pendaftaran bakal calon legislatif dari Partai NasDem di KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/7).Sejumlah artis hadir untuk pendaftaran bakal calon legislatif dari Partai NasDem di KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/7). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Pertama adalah, bagaimana perjuangan caleg bisa diterima masyarakat. Kedua, menaikkan peringkat NasDem secara nasional. Posisi peringkat Partai NasDem saat ini berada di tengah. Diharapkan Surya, di Pemilu 2019 nanti, NasDem menempati peringkat tiga besar.

"Tanpa usaha keras dan sungguh-sungguh, tanpa kemampuan dan militansi, maka akan sulit bagi NasDem untuk naik peringkat," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya memiliki satu cita-cita bersama, maka semangat spirit dan tujuan kesamaan dalam mengantarkan tercapainya cita-cita besar.

"Untuk itu, tidak hanya diperlukan semangat, tapi juga kerja keras yang lain. Karena kita enggak mudah untuk itu," terangnya.

Sebelum melakukan temu kader yang digelar di lapangan Widang, Tuban, Surya Paloh juga melakukan sowan ke KH Ubaidillah Faqih (Gus Ubaid) di kediamannya di komplek Pondok Pesantren Langitan, Tuban.

Sebelumnya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi Partai NasDem sebagai salah satu dari lima partai yang mungkin tak lolos angka ambang batas parlemen atau parliamentary trashold sebesar 4 persen.

Paloh Klaim NasDem Tak Kalah dengan Parpol Umur Puluhan TahunFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Kelima partai itu adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai NasDem, Partai Perindo, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Mereka diprediksi menempati urutan keenam hingga ke-10 di Pileg 2019. Rinciannya, PKS di urutan keenam dengan 3,9 persen; PPP di posisi ketujuh dengan 3,2 persen.

Sementara, Partai NasDem diprediksi akan berada di posisi ke-8 dengan raihan 2,2 persen. Selain itu, Partai Perindo di posisi ke-9 dengan 1,7 persen, dan PAN di posisi ke-10 dengan raihan 1,4 persen suara.

"Partai di Papan Tengah Bawah ini mungkin lolos, mungkin tidak lolos, dalam mencapai Parliamentary Threshold 4 persen," terang LSI Denny JA dalam keterangan tertulis, Rabu (12/9).

Survei ini dilakukan dengan metodologi multistage random sampling pada 12-19 Agustus 2018 dengan jumlah 1.200 responden. Wawancara dilakukan tatap muka dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen.

(frd/ain)